Penggunaan Bahasa Isyarat Berbantuan Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Penguasaan Kosakata Pada Kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap

Authors

  • Ami Saniatur Rohmah <p>Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia</p><p>Universitas Muhammadiyah Purwokerto</p>
  • Sukirno Sukirno <p>Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia</p><p>Universitas Muhammadiyah Purwokerto</p>

DOI:

https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9738

Keywords:

kartu bergambar, bahasa isyarat, penguasaan kosakata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa isyarat berbantuan kartu bergambar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan kosakata pada kelas II-B Tunarungu SLB Negeri Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua variabel bebas yaitu penggunaan kartu bergambar dan aktivitas belajar siswa yang diukur dengan metode observasi dan satu variabel terikat yaitu penguasaan kosakata siswa yang diukur dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa pada kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap yang diperoleh dari hasil analisis bahwa Fhitung = 4,553 > F1,5,5% = 4,10, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa pada kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap yang diperoleh dari hasil analisis bahwa Fhitung = 6,197 > F1,5,5% = 4,10, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa pada kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap yang diperoleh dari hasil analisis bahwa Fhitung = 9,157 > F2,4,5% = 3,25.

References

Alwasilah, A. Chaedar. 1990. Linguistik. Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.

Alwi, Hasan, dkk. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Aris Handayani, Muslih. 2018. “Komunikasi Anak Tuna Rungu Dengan Bahasa Isyarat Di SLB B YAKUT Purwokerto”. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), Vol.3, No.2, Des. 2018. h. 213-230.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Aziez, Furqanul dan Feisal Aziez. Kosakata, Teori, Pengajaran, dan Pengukurannya. Purwokerto: UMP Press.

Bunawan, Lani. 1997. Kominikasi Total. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Yang Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dir. Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Dir.Jend Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Intikasari, Suhardini, Tumardi dan Edro Wahyuno. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Keping Kata Bergambar Pada Siswa Tunarungu Di SDLB”. Jurnal Ortopedagogia, Volume 1 , Nomor 2, Juli 2014. Hal 166-173.

Permanarian, Somad dan Hernawati, Tati. 2007. Orthopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Depdikbud.

Sardiman AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiarti, Sri. 2015. “Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu Melalui Media Variasi Gambar Pada

Siswa Kelas V/B Di SLB Negeri Surakarta”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”. Surakarta: UNS.

Susila, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Rohmah, A. S., & Sukirno, S. (2021). Penggunaan Bahasa Isyarat Berbantuan Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Penguasaan Kosakata Pada Kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9738

Issue

Section

Article