Penggunaan Bahasa Isyarat Berbantuan Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Penguasaan Kosakata Pada Kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9738Keywords:
kartu bergambar, bahasa isyarat, penguasaan kosakataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa isyarat berbantuan kartu bergambar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran penguasaan kosakata pada kelas II-B Tunarungu SLB Negeri Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua variabel bebas yaitu penggunaan kartu bergambar dan aktivitas belajar siswa yang diukur dengan metode observasi dan satu variabel terikat yaitu penguasaan kosakata siswa yang diukur dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa pada kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap yang diperoleh dari hasil analisis bahwa Fhitung = 4,553 > F1,5,5% = 4,10, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa pada kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap yang diperoleh dari hasil analisis bahwa Fhitung = 6,197 > F1,5,5% = 4,10, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kartu bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa pada kelas II Tunarungu SLB Negeri Cilacap yang diperoleh dari hasil analisis bahwa Fhitung = 9,157 > F2,4,5% = 3,25.
References
Alwasilah, A. Chaedar. 1990. Linguistik. Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.
Alwi, Hasan, dkk. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.
Aris Handayani, Muslih. 2018. “Komunikasi Anak Tuna Rungu Dengan Bahasa Isyarat Di SLB B YAKUT Purwokerto”. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), Vol.3, No.2, Des. 2018. h. 213-230.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.
Aziez, Furqanul dan Feisal Aziez. Kosakata, Teori, Pengajaran, dan Pengukurannya. Purwokerto: UMP Press.
Bunawan, Lani. 1997. Kominikasi Total. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Yang Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dir. Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Dir.Jend Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Intikasari, Suhardini, Tumardi dan Edro Wahyuno. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Keping Kata Bergambar Pada Siswa Tunarungu Di SDLB”. Jurnal Ortopedagogia, Volume 1 , Nomor 2, Juli 2014. Hal 166-173.
Permanarian, Somad dan Hernawati, Tati. 2007. Orthopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Depdikbud.
Sardiman AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiarti, Sri. 2015. “Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu Melalui Media Variasi Gambar Pada
Siswa Kelas V/B Di SLB Negeri Surakarta”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”. Surakarta: UNS.
Susila, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Yamin, Martinis. 2007. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.