Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741Keywords:
orang tua, perkembangan bahasa, anak, usia diniAbstract
Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama bagi anak untuk belajar belajar. Orang tua memiliki peran untuk membantu anak menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya termasuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Setiap tindak tutur orang tua di lingkungan keluarga, maupun sosial akan memberi pengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Kajian ini mendeskripsikan tentang pentingnya peran orang tua dalam perkembangan pribadi anak usia dini. Stimulus untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak sebagai social skill harus dilakukan para orang tua sejak dini. Peranan orang tua dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak diantaranya (1) mengenalkan kata sapaan yang baik dan benar ketika berkomunikasi di dalam keluarga, (2) melatih pengucapan kalimat pendek atau sederhana, ketika anak menerima; meminta, bertanyakepada orang lain, (3) mengajak anak mengenal benda-benda disekitarnya, (4) mengajak anak berbicara, (5) membacakan cerita atau mendongeng, (6) menerapkan pola asuh demokratis.
References
Adriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Anggraini, N. 2015. “Hubungan Pola Asuhan Orang Tua dengan Pemerolehan Bahasa Kanak-kanak di Tadika Bandar Palem¬bang.” disertasi. Malaysia: University Pendidikan Sultan Idris.
Azhim. 2007. Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Butomi. M.Y. 2012. Panduan Lengkap PAUD. Jakarta : Citra Publising.
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbaha-sa. Jakarta: PT Rineke Cipta.
______. 2011. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. 2000. ECHA, Kisah Pemero¬lehan Bahasa Anak Indo-nesia. Jakarta: Grasindo.
Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an. Yogyajarta: TERAS
Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda-karya.
Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Papalia, D.E. et. al. 2008. Human Develop-ment (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian rakyat
Silberg, J. 2004. Brain Games for Toddlers. Jakarta: Erlangga.
Soetjiningsih. 2003.Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syahid. 2008. “Urgensi Pemberian Stimu-lasi Dini pada Anak.” Universitas Dipone¬goro : Semarang. Jurnal Psikologi.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Psikoling-uistik. Bandung: Angkasa.
_______. 1988. Pengajaran Pemerolehan Baha¬sa. Bandung. Angkasa.
Wiyani, Novan. 2014. Pikologi Perkem-bangan Anak Usia Dini. Yogya-karta: Gava Media.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.