Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Nofita Anggraini

Abstract


Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama bagi anak untuk belajar belajar. Orang tua memiliki peran untuk membantu anak menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya termasuk mengembangkan keterampilan berbahasa. Setiap tindak tutur orang tua di lingkungan keluarga, maupun sosial akan memberi pengaruh terhadap perkembangan bahasa anak. Kajian ini mendeskripsikan tentang pentingnya peran orang tua dalam perkembangan pribadi anak usia dini. Stimulus untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak sebagai social skill harus dilakukan para orang tua sejak dini. Peranan orang tua  dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak diantaranya (1) mengenalkan kata sapaan yang baik dan benar ketika berkomunikasi di dalam keluarga, (2) melatih pengucapan kalimat pendek atau sederhana, ketika anak menerima; meminta, bertanyakepada orang lain, (3) mengajak anak mengenal benda-benda disekitarnya, (4) mengajak anak berbicara, (5) membacakan cerita atau mendongeng, (6) menerapkan pola asuh demokratis.


Keywords


orang tua, perkembangan bahasa, anak, usia dini

References


Adriana, Dian. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Anggraini, N. 2015. “Hubungan Pola Asuhan Orang Tua dengan Pemerolehan Bahasa Kanak-kanak di Tadika Bandar Palem¬bang.” disertasi. Malaysia: University Pendidikan Sultan Idris.

Azhim. 2007. Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Butomi. M.Y. 2012. Panduan Lengkap PAUD. Jakarta : Citra Publising.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbaha-sa. Jakarta: PT Rineke Cipta.

______. 2011. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. 2000. ECHA, Kisah Pemero¬lehan Bahasa Anak Indo-nesia. Jakarta: Grasindo.

Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an. Yogyajarta: TERAS

Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda-karya.

Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Papalia, D.E. et. al. 2008. Human Develop-ment (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian rakyat

Silberg, J. 2004. Brain Games for Toddlers. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih. 2003.Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Syahid. 2008. “Urgensi Pemberian Stimu-lasi Dini pada Anak.” Universitas Dipone¬goro : Semarang. Jurnal Psikologi.

Tarigan, Henry Guntur. 1985. Psikoling-uistik. Bandung: Angkasa.

_______. 1988. Pengajaran Pemerolehan Baha¬sa. Bandung. Angkasa.

Wiyani, Novan. 2014. Pikologi Perkem-bangan Anak Usia Dini. Yogya-karta: Gava Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v7i1.9741

Copyright (c) 2021 Nofita Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020