Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9744Keywords:
wacana persuasif, unsur poster, fungsi poster, dan motivasi diriAbstract
Penelitian yang berjudul “Analisis Wacana Persuasif untuk Memotivasi Diri dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujiib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto” bertujuan untuk mendiskripsikan unsur poster, fungsi/kegunaan poster, dan wujud komponen motivasi dalam poster covid-19 karya siswa kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitaif. Data dalam penelitian ini adalah wacana persuasif yang terdapat pada poster covid-19 karya siswa kelas 6 Al Mujiib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Wacana tersebut merupakan transkripsi poster siswa kelas 6 Al Mujib yang berperan menangani covid-19. Tahap yang digunakan dalam penelitian mencakup tiga tahap yaitu (1) penyediaan data, (2) analisis data, dan (3) penyajian hasil analisis data. Data disajikan secara informal, yaitu dengan perumusan kata-kata biasa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa: pada poster covid-19 pembelajaran daring kelas 6 Al Mujiib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto terdapat unsur poster berupa satuan bahasa dan elemen visual poster. Fungsi/kegunaan poster dari 26 karya siswa terdapat fungsi motivasi sebanyak 22, peringatan sebanyak 21, dan pengalaman kreatif siswa sebanyak 26. Wujud komponen motivasi diri seluruh karya menunjukan menggerakan, dalam hal ini motivasi menimbulkan kekuatan pada individu, membawa seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu. Komponen motivasi mengarahkan yang berarti motivasi mengarahkan tingkah laku dengan menyediakan suatu orientasi tujuan tertentu sebanyak 80 teks. Komponen motivasi menopang digunakan untuk menjaga dan menopang tingkah laku, lingkungan sekitar harus menguatkan intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu sebanyak 25 teks.
References
Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Cenadi, Christine Suharto. 1999. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Nirmana.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2007. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : PT Rineka Cipta.
__________. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Danger, Erik P. 1992. Selecting Colour for Packaging. England: Gower Technical Press Ltd.
Danny, Umar, 2014. “Pengertian dan Prinsip Desain Poster”. dari http://umardanny.com/ pengertian-dan-prinsip-desainposter/. Diakses pada 4 Mei 2020.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Fryanti, Mega, 2012. “Semiotika”. Dari http://megafryanti. blogspot. com/2 012/05/ semiotika. html. Diakses pada 4 Mei 2020.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebu-ah Pengantar Kemahiran Ber-bahasa. Ende Flores: Nusa Indah.
___________. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Laksana, Dwi, 2010. “Elemen-elemen Desain Komunikasi Visual”. Dari https://belajarmultimedia.wordpress.com /2010/09/16/elemen-elemendesain-komunikasivisual/. Diakses pada 7 Mei 2020.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana Teori, Metode dan Aplikasi PrinsipPrinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Murtini, Indah, 2012. “Semiotika: Makna Dalam Komunikasi”. Dari https://ndahindah.wordpress.com/2012/05/17/semiot ika-makna-dalam-komunikasi/. Diakses pada 7 Mei 2020.
Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Riyanto. 2010. Analisis Wacana Persuasi dalam Ragam Bahasa Rambu-Rambu Lalu Lintas. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muham¬madiyah Purwokerto.
Shaleh, Abdul Rahman., 2009, Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana.
Sudaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Pers.
Tinarbuko, S. (2017). Membaca tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.
Wirya, Iwan. 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.