Stres Kerja Pada Guru Selama Pandemic Covid-19

Akhmad Fauzan, Herdian Herdian, Totok Haryanto

Abstract


Pandemi COVID-19 masih dirasakan dampaknya hingga saat ini. Penelitian sebelumnya banyak melaporkan bahwa stres menjadi dampak yang umum terjadi. Lebih spesifik, Stres  kerja terjadi pada guru karena perubahan pada sistem pembelajaran online selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana stres kerja guru selama pandemi COVID-19. Partisipan  dalam penelitian ini yaitu 98 guru yang bekerja dalam sistem pembelajaran online. pengumpulan data menggunakan google form karena saat penelitian dilakukan, pemberlakuan  physical distancing masih diberlakukan di Indonesia. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala stres kerja dengan analisis data dekriptif kategorisasi dan crosstab. Hasil penelitian menunjukan bahwa stres kerja guru selama pandemi COVID-19 didominasi kategori sedang dan tinggi. Hasil tabulasi data menemukan perbedaan terkait kategori pada data demografi jenis kelamin. Selain itu ditemukan pula perbedaan terkait kategori pada rentang usia. Pemaparan kategorisasi dan implikasi penelitian ini dibahas secara rinci.


Keywords


stres kerja; pembelajaran online; pandemi COVID-19

References


Anita, T., Tjitrosumarto, S., & Setyohadi, J. S. (2021). Stres Kerja Guru Saat Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompensasi Dan Lingkungan Kerja. Research and Development Journal of Education, 7(1), 146–157.

Awalia, M. J., Medyati, N. J., & Giay, Z. J. (2021). Hubungan Umjur Dan Jenis Kelamin Dengan Stres Kerja Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap RSUD Kwaingga Kabupaten Keerom. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2).

Aydin, O. T. (2018). Impact of demographic variables on job stress factors: A study on Turkish employees. İşletme Araştırmaları Dergisi, 10(2), 803–826.

Charbonneau, A. M., Mezulis, A. H., & Hyde, J. S. (2009). Stress and emotional reactivity as explanations for gender differences in adolescents’ depressive symptoms. Journal of Youth and Adolescence, 38(8), 1050–1058. https://doi.org/10.1007/s10964-009-9398-8

Cohen, S., Kessler, R. C., & Gordon, L. U. (1995). Strategies for Measuring Stress in Psychiatric and Physical Disorders. In S. Cohen, R. C. Kessler, & L. U. Gordon (Eds.), Measuring Stress (pp. 3–28). Oxford University Press.

David, A. (2016). The influence of socio-demographic factors on job stress level in foreign-owned manufacturing companies in Ogun state, Nigeria. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 2(3), 139.

Dwiyanti, R., Hamzah, H., & Abas, N. A. H. (2020). Psychological Contracts, Job Stress, and Turnover Intention for Salesperson Retail Company. International Journal of Scientific Research and Management, 8(09 SE-Economics and Management), 1930–1936. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v8i09.em01

Ginting, G., & Siagian, V. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Sekolah Adent Air Bersih Medan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 96–107.

Goothy, S. S. K., Goothy, S., Choudhary, A., GG, P., Purohit, M., Chakraborty, H., Pathak, A., & VK, M. (2020). COVID-19 lockdown impact on the mental health of students: need to start a mental health cell. MOJ Anatomy & Physiology, 7(2), 51–52. https://doi.org/10.15406/mojap.2020.07.00289

Hakman, H., Suhadi, S., & Yuniar, N. (2021). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Pasien Covid-19. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(2), 47–54.

Hall, J. R., Matthews, L. H., & Keeler, H. (1984). Demographics, stress, and depression in a community health screening. The Journal of Psychology, 118(1ST Half), 45–50. https://doi.org/10.1080/00223980.1984.9712590

Herdian, H., & Mildaeni, I. N. (2021). Academic Stress On Muslim Students In Indonesia: Study On Online Learning. Revista EDUCARE-UPEL-IPB-Segunda Nueva Etapa 2.0, 25(1), 224–239.

Herdian, H., Mildaeni, I. N., & Wahidah, F. R. (2021). The Role of Academic Stress and Religiosity on Academic Dishonesty. Research on Education and Psychology, 5(1), 31–40.

Hiscott, J., Alexandridi, M., Muscolini, M., Tassone, E., Palermo, E., Soultsioti, M., & Zevini, A. (2020). The global impact of the coronavirus pandemic. Cytokine & Growth Factor Reviews, 53, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cytogfr.2020.05.010

Indra, R., Lian, G. C., Putri, J. A. I., Valencia, L., Santoso, Y. E. S. U., & Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja dan Koping Guru SMA saat Pembelajaran Daring selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 1(01), 63–86. https://doi.org/10.35814/mindset.v1i01.2577

Jembarwati, O. (2020). Stres dan Dukungan Sosial pada Perawat, Dokter dan Tenaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2, 292–299. http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13092

Jum’ati, N., & Wusma, H. (2013). Stres Kerja (Occupational Stres) yang Mempengaruhi Kinerja Individu pada Dinas Kesehatan Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2P-PL) di Kabupaten Bangkalan. Jurnal NeO-Bis, 7(2), 1–17. https://doi.org/10.21107/nbs.v7i2.525.

Kaparounaki, C. K., Patsali, M. E., Mousa, D.-P. V, Papadopoulou, E. V. K., Papadopoulou, K. K. K., & Fountoulakis, K. N. (2020). University students’ mental health amidst the COVID-19 quarantine in Greece. In Psychiatry research (Vol. 290, p. 113111). https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113111

KK, I. F. J., Irfannuddin, I., & Santoso, B. (2020). Pengaruh Teknik Afirmasi Terhadap Tingkat Stress Kerja Perawat Covid-19. Jurnal Media Kesehatan, 13(2), 67–72.

Marinaccio, A., Ferrante, P., Corfiati, M., Di Tecco, C., Rondinone, B. M., Bonafede, M., Ronchetti, M., Persechino, B., & Iavicoli, S. (2013). The relevance of socio-demographic and occupational variables for the assessment of work-related stress risk. BMC Public Health, 13(1), 1157. https://doi.org/10.1186/1471-2458-13-1157

Montgomery, D. ., Blodgett, J. ., & Barnes, J. . (1996). A model of financial securities salespersons’ job stress. The Journal of Services Marketing, 10(3), 21–34. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/08876049610119776

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Nasution, N. B., Tambunan, H. P., & Marselina, M. (2021). Pelatihan Koping Adaptif Untuk Menurunkan Dampak Psikologi Virus Covid-19 Di SD Plus Jabal Rahmah Mulia, Jl. Balai Desa No. 16-27, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi, 113–117.

Palupi, N. R., Leonita, A., Fakhira, A. D., Rahmasari, N., & Mandagi, A. M. (2021). Risiko Jenis Kelamin Dengan Kejadian Depresi Pada Guru Dalam Menghadapi Work From Home Selama Pandemi Covid-19. Journal of Community Mental Health and Public Policy, 4(1), 10–16.

Parker, D. F., & DeCotiis, T. A. (1983). Organizational determinants of job stress. Organizational Behavior and Human Performance, 32(2), 160–177. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0030-5073(83)90145-9

Persaud, N., & Persaud, I. (2016). The Relationship between Socio-Demographics and Stress Levels, Stressors, and Coping Mechanisms among Undergraduate Students at a University in Barbados. International Journal of Higher Education, 5(1), 11–27.

Peta Sebaran COVID-19 | Covid19.go.id. (2021, November 9). https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19

Prabandari, F., Sumarni, S., & Astuti, D. P. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Bidan Dalam Masa Pandemik Covid-19. Proceeding of The URECOL, 28–36.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rafifah, H., Nurhayati, F., & Ruhaena, L. (2021). Psikoedukasi Terhadap Guru SMP Insan Cendekia tentang Pengelolaan Stress. Abdi Psikonomi, 86–93.

Renny, C. A. (2020). Management Stress Kerja Guru SD Terhadap Beban Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 219–226.

Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424–437.

Rumeen, C., Joseph, W. B. S., & Rumayar, A. A. (2021). Gambaran tingkat stres kerja pada tenaga pendidik terhadap pembelajaran jarak jauh di SMPN 1 Likupang selatan dan SMPN 1 Dimembe. KESMAS, 10(6).

Schuler, R. S. (1980). Definition and conceptualization of stress in organizations. Organizational Behavior and Human Performance, 25(2), 184–215. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0030-5073(80)90063-X

Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Hubungan antara Beban Kerja, Konflik Peran, dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(4), 80–88.

Zahro, K. M., & Megatsari, H. (2021). Gambaran Strategi Koping Stres pada Guru SMP Negeri di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(4), 835–846.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psychoidea.v20i1.12764

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516