STUDI TENTANG DISIPLIN BELAJAR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i2.1541Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat disiplin belajar pada santri di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan subjek santri yang berada di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes yang berjumlah 160 subjek.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian adalah skala disiplin belajar yang terdiri dari 44 aitem. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas, koefisien validitas skala disiplin belajar bergerak dari 0,346 sampai 0,506.Hasil uji reliabilitas skala disiplin belajar diperoleh 0,895.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis prosentase dengan tujuan untuk memberikan deskripsi mengenai subyek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari subyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan dari 160 santri yang diteliti memiliki tingkat disiplin belajar yang sedang sebanyak 68 santri (42,50%), yang memiliki tingkat disiplin belajar sangat rendah sebanyak 4 santri (2,50%), yang memiliki tingkat disiplin belajar rendah sebanyak 42 santri (26,25%), yang memiliki tingkat disiplin belajar tinggi sebanyak 38 santri (23,75%), yang memiliki tingkat disiplin sangat tinggi sebanyak 8 santri (5,00%). Meliputi aspek tertib dengan kategori sangat tinggi sebanyak 6 santri (3,75%), tinggi sebanyak 36 santri (22,50%), sedang sebanyak 71 santri (44,38%), rendah sebanyak 44 (27,50%), sangat rendah sebanyak 3 (1,88%). Aspek teratur dengan kategori sangat tinggi sebanyak 2 santri (1,25%), tinggi sebanyak 41 santri (25,63%), sedang sebanyak 75 santri (46,88%), rendah sebanyak 35 santri (21,88%), sangat rendah sebanyak 7 santri (4,38%). Aspek tanggungjawab dengan kategori sangat tinggi sebanyak 7 santri (4,38%), tinggi sebanyak 34 santri (21,25%), sedang sebanyak 72 santri (45,00%), rendah sebanyak 41 santri (25,63%), sangat rendah sebanyak 6 santri (3,75%). Kata kunci : Disiplin Belajar, SantriDownloads
Issue
Section
PSYCHOIDEA
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially