PENELITIAN PARTISIPASI IBU DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN KESULITAN BELAJAR MEMBACA

Authors

  • Windi Astuti Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Na'imah Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i2.1544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi ibu pada pendidikan anak dengan gangguan kesulitan belajar membaca di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto. Pendekatan penelitian adalah studi kasus. Data dikumpulkan melalui interview kepada 6 orang informan primer dan 7 orang informan sekunder. Analisis data menggunakan analisis model interaktif (interactive model of analysis). Temuan penelitiannya adalah : 1)Ada partisipasi dalam aspek kesadaran, yang ditunjukan 4 orang informan dengan mengikuti kegiatan tanpa adanya paksaan dari pihak sekolah, namun tidak semua informan memenuhi aspek kesadaran yaitu 2 orang informan karena harus mendapat paksaan dari pihak sekolah. 2) Pada aspek keterlibatan, 5 informan mampu memenuhi aspek keterlibatan dengan mengikuti kegiatan disekolah, sedangkan 1 orang informan tidak mengikuti kegiatan disekolah dengan alasan malas dan sibuk bekerja. 3)Tidak terdapat partisipasi didalam aspek kemauan, ditunjukan dengan tidak adanya kegiatan tambahan seperti les untuk menunjang pendidikan anak mereka dengan alasan keterbatasan dana, karena pekerjaan informan rata-rata adalah ibu rumah tangga dengan status ekonomi menengah kebawah. 4)Tidak terdapat partisipasi pada aspek kepedulian, rasa bersedih yang dirasakan memang mampu diterima oleh beberapa informan dan ada yang memang sedih serta iri jika anak tidak sepandai anak lainnya, namun semua informan tidak memiki alternatif tindakan sebagai upaya membantu mengatasi penurunan prestasi anak, hal ini menunjukan kepedulian yang diberikan masih belum ada secara nyata. 5)Tidak ada partisipasi dalam memberikan fasilitas, intensitas menemani, dan memperingatkan anak untuk belajar. Kata kunci :Partisipasi ibu, Pendidikan Anak, Kesulitan Belajar Membaca

References

Abdurrahman. M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. PT Asdi Mahasatya.

Hapsari, V. D. K. (2011). Kreativitas Siswa SD Yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca Di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Istiningsih. (2005). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Klego 1 Kabupaten Boyolali. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Karsidi, R. (2008). Sosiologi Pendidikan. Surakarta : UNS Pers.

Moleong, L.J. (2004).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosdakarya.

Mulyadi, (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Yogayarta : Nuha Litera

Pamuji, S. (2003). Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Peran Orang Tua Dan Aspek Pendekatan Pengajaran (Studi Kasus Di SD Al Irsyad 01 Dan SD Sokanegara 01). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Raharja, S. (2011). Manajemen Pendidikan Sekolah Suatu Perspektif Pendidikan Multikultural. Jurnal Manajemen Pendidikan, VII, (1).

Santrock, J.W. (2007). Remaja. Jakarta : PT Gelora Aksara. Erlangga

Setiadi, W. (2003).Studi Analisis Tentang Program Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Masa Anak. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Soetomo. (2006). Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono.(2010) .Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suryosubroto. B. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta

Downloads

Published

2014-07-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA