PENELITIAN PARTISIPASI IBU DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN KESULITAN BELAJAR MEMBACA
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i2.1544Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi ibu pada pendidikan anak dengan gangguan kesulitan belajar membaca di SD Negeri 1 Tanjung Purwokerto. Pendekatan penelitian adalah studi kasus. Data dikumpulkan melalui interview kepada 6 orang informan primer dan 7 orang informan sekunder. Analisis data menggunakan analisis model interaktif (interactive model of analysis). Temuan penelitiannya adalah : 1)Ada partisipasi dalam aspek kesadaran, yang ditunjukan 4 orang informan dengan mengikuti kegiatan tanpa adanya paksaan dari pihak sekolah, namun tidak semua informan memenuhi aspek kesadaran yaitu 2 orang informan karena harus mendapat paksaan dari pihak sekolah. 2) Pada aspek keterlibatan, 5 informan mampu memenuhi aspek keterlibatan dengan mengikuti kegiatan disekolah, sedangkan 1 orang informan tidak mengikuti kegiatan disekolah dengan alasan malas dan sibuk bekerja. 3)Tidak terdapat partisipasi didalam aspek kemauan, ditunjukan dengan tidak adanya kegiatan tambahan seperti les untuk menunjang pendidikan anak mereka dengan alasan keterbatasan dana, karena pekerjaan informan rata-rata adalah ibu rumah tangga dengan status ekonomi menengah kebawah. 4)Tidak terdapat partisipasi pada aspek kepedulian, rasa bersedih yang dirasakan memang mampu diterima oleh beberapa informan dan ada yang memang sedih serta iri jika anak tidak sepandai anak lainnya, namun semua informan tidak memiki alternatif tindakan sebagai upaya membantu mengatasi penurunan prestasi anak, hal ini menunjukan kepedulian yang diberikan masih belum ada secara nyata. 5)Tidak ada partisipasi dalam memberikan fasilitas, intensitas menemani, dan memperingatkan anak untuk belajar. Kata kunci :Partisipasi ibu, Pendidikan Anak, Kesulitan Belajar MembacaReferences
Abdurrahman. M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. PT Asdi Mahasatya.
Hapsari, V. D. K. (2011). Kreativitas Siswa SD Yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca Di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Istiningsih. (2005). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri Klego 1 Kabupaten Boyolali. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Karsidi, R. (2008). Sosiologi Pendidikan. Surakarta : UNS Pers.
Moleong, L.J. (2004).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosdakarya.
Mulyadi, (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus.Yogayarta : Nuha Litera
Pamuji, S. (2003). Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Peran Orang Tua Dan Aspek Pendekatan Pengajaran (Studi Kasus Di SD Al Irsyad 01 Dan SD Sokanegara 01). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Raharja, S. (2011). Manajemen Pendidikan Sekolah Suatu Perspektif Pendidikan Multikultural. Jurnal Manajemen Pendidikan, VII, (1).
Santrock, J.W. (2007). Remaja. Jakarta : PT Gelora Aksara. Erlangga
Setiadi, W. (2003).Studi Analisis Tentang Program Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Masa Anak. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Soetomo. (2006). Strategi-Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono.(2010) .Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung : Alfabeta
Suryosubroto. B. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially