IDENTIFIKASI PERMASALAHAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN PENANGANANNYA

Authors

  • Melati Ismi Hapsari Program Studi Pendidikan AUD-FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v13i1.1554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya anak berkebutuhan khusus di sekolah, jenis permasalahannya, dan mengidentifikasi kualitas penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Taman Kanak-kanak di Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik di TK Aisyiyah 1 Purwokerto sejumlah 110 anak, anak didik di TK Pertiwi Arcawinangun sejumlah 80 anak, anak didik di TK Pertiwi Mersi Purwokerto sejumlah 55 anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat 2 anak mengalami gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) dan 1 anak mengalami gangguan belajar. Kualitas penanganan anak berkebutuhan khusus berada pada kategori kualitas sedang. Kata Kunci : Identifikasi, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Usia Dini

References

Direktorat PAUD. (2002). Jurnal Ilmiah PAUD Edisi Bulan Oktober. Jakarta : Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Direktortat PAUD. (2004). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Direktorat PAUD. (2004). Modul Sosialisasi PAUD. Jakarta : Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Cross, A. Traub, E. Hutter Pishgahi, L. (2006). The Universal Design of Early Education : Moving Forward for All Children.Beyond the Journal.http://journal.naeyc.org/btj/200609/ConnPowersBTJ.pdf

Doctoroff, S. (2001). Adapting The Physical Environment to Meet The Needs of All Young Children for Play. Early Childhood Education Journal, 29 (2) : 105-109

Dwinita, D. (2012). Pelaksanaan Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1, ( 3).

Flynn, L.L. Kieff. J. (2002). Including Everyone in Outdoor Play. Young Children 57 (3) : 20-26

Hallahan, D. P & Kauffman, J. M. (1988). Exeptional Children. New Jersey: Prentice Hall

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Koentjaraningrat. (1993). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta :PT. Gramedia.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Smith, D. (2003). Inclusion Schools for All Students.An International Thomson Publishing Company.

Suryabrata, S. (1992). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali Pers.

UNESCO, (2000).Education For All: Meeting Our Collective Commitments. The World Education Forum, Dakar, Senegal, 26-28 April 2000. http://www.unesco.org/education/efa/ed_forall/dakframeng.shtml

Downloads

Published

2015-02-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA