Kontrol Diri Dan Konformitas Sebagai Prediktor Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Berbelanja Di E-Commerce

Revina Yustika Lorenza, Sri Lestari

Abstract


Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu berbelanja secara berlebihan karena keinginan sesaat pada benda-benda yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Penelitian ini melibatkan 272 orang mahasiswa (203 perempuan dan 69 laki-laki) dengan rentang usia 18-25 tahun yang biasa berbelanja di ecommerce. Pengumpulan data menggunakan tiga skala, dan data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan kontrol diri dan konformitas bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Secara keseluruhan kontrol diri dan konformitas memiliki sumbangan sebesar 31% terhadap perilaku konsumtif, yang 11% dari kontrol diri dan 20% dari konformitas. Konformitas memiliki peranan yang lebih kuat sebagai prediktor pada perilaku konsumtif daripada kontrol diri. Perilaku konsumtif pada mahasiswa terjadi karena konformitas yang tinggi dengan teman-teman dan kurang mampu mengontrol dorongan untuk berbelanja. Implikasi penelitian ini yaitu mahasiswa perlu mengendalikan sikap konform dengan teman dalam memilih barang, dan menggunakan skala prioritas sebagai pertimbangan dalam berbelanja.


Keywords


consumptive behavior; self control; conformity; shopping; E-commerce

References


Amarulloh, L. F., & Abdurrohmim. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada dewasa awal Petet Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Prosiding Konstelasi Mahasiswa Unissula (KIMU) 5, 891, 107–111.

Arum, D., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa psikologi pengguna e-commerce Shopee. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 92–102.

Atrizka, D., Saputri, A., Sibaran, A. S. L., & Sugiharto, A. (2020). Hubungan antara konformitas terhadap intensi membeli online pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Diversita, 6(2), 251–259. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.4114

Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845

Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 151. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.28913

Faradianti, M., Hayati, Y., & Zulfadhili. (2018). Konformitas dalam novel tirologi Dilan karya Pidi Baiq. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/81008960

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12, (1), 55–68.

Harahap, J. Y. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i2.3091

Haryana, R. D. T. (2020). Pengaruh life style, self-control dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif mahasiswa melakukan online shopping. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16(1), 29. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v16i1.805

Haryono, P. (2014). Hubungan gaya hidup dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 268–273. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674

Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861

Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107–118. https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709

Lailyah, N., Rahayu, T., & Fahira, K. T. (2021). Perilaku pengguna bus pariwisata sebagai konsumen rasional selama pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 42–51. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.229

Lina, & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasar locus of control pada remaja putri. Psikologika, 2(4), 5–13. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss4.art1

Minanda, A., Roslan, S., & Anggraini, D. (2018). Perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Neo Societal, 3(2), 433–440.

Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 92–100.

Perdana, P. I., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli pakaian pada mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 6(4), 195–208. https://doi.org/10.14710/empati.2017.20031

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 1–8. http:/doi.org/10.5281/zenodo.1410873

Renaldy, M., Dewi, R. S., & Hidayatullah, M. S. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif konsumen online shop melalui sosial media pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Kognisia, 1(1), 94–97. https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1462

Sahanaya, G. A. (2021). Analisis perilaku konsumtif mahasiswa sebagai dampak perkembangan e-commerce di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(1), 126–131.

Siallagan, A. M., Derang, I., & Nazara, P. G. (2021). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Darma Agung Husada, 8(1), 54–61.

Sucihati, R. N., Usman, & Aprilindia, R. E. (2019). Analisis perilaku konsumtif melalui belanja online pada mahasiswa program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 64–79. https://doi.org/10.58406/jeb.v7il.522

Tenriawaru, A., Wicaksono, B., & Saniatuzzulfa, R. (2018). Hubungan antara kecenderungan kepribadian narsistik dan financial literacy dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Jurnal Wacana, 10(2), 13–26. https://doi.org/10.13057/wacana.v10i2.126

Triningtyas, D. A., & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 16.

Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan antara self control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950

Ulfa, U. A. (2017). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan gaya hidup konsumtif dengan kepercayaan diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4), 554–562.

Wigati, D., Dewi, W. C., & Sari, N. F. I. (2022). Intensitas mengakses online shopping Instagram dengan perilaku konsumtif. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(1), 1–13.

Wijenayake, S., van Berkel, N., Kostakos, V., & Goncalves, J. (2020). Impact of contextual and personal determinants on online social conformity. Computers in Human Behavior, 108, 106302. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106302

Windayani, S., & Astiti, P. (2017). Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2, 96–108.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psychoidea.v21i1.15752

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516