Kontrol Diri Dan Konformitas Sebagai Prediktor Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Berbelanja Di E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.15752Keywords:
consumptive behavior, self control, conformity, shopping, E-commerceAbstract
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan individu berbelanja secara berlebihan karena keinginan sesaat pada benda-benda yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Penelitian ini melibatkan 272 orang mahasiswa (203 perempuan dan 69 laki-laki) dengan rentang usia 18-25 tahun yang biasa berbelanja di ecommerce. Pengumpulan data menggunakan tiga skala, dan data dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan kontrol diri dan konformitas bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang berbelanja di e-commerce. Secara keseluruhan kontrol diri dan konformitas memiliki sumbangan sebesar 31% terhadap perilaku konsumtif, yang 11% dari kontrol diri dan 20% dari konformitas. Konformitas memiliki peranan yang lebih kuat sebagai prediktor pada perilaku konsumtif daripada kontrol diri. Perilaku konsumtif pada mahasiswa terjadi karena konformitas yang tinggi dengan teman-teman dan kurang mampu mengontrol dorongan untuk berbelanja. Implikasi penelitian ini yaitu mahasiswa perlu mengendalikan sikap konform dengan teman dalam memilih barang, dan menggunakan skala prioritas sebagai pertimbangan dalam berbelanja.
References
Amarulloh, L. F., & Abdurrohmim. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada dewasa awal Petet Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Prosiding Konstelasi Mahasiswa Unissula (KIMU) 5, 891, 107–111.
Arum, D., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa psikologi pengguna e-commerce Shopee. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9), 92–102.
Atrizka, D., Saputri, A., Sibaran, A. S. L., & Sugiharto, A. (2020). Hubungan antara konformitas terhadap intensi membeli online pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Diversita, 6(2), 251–259. https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.4114
Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845
Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 151. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.28913
Faradianti, M., Hayati, Y., & Zulfadhili. (2018). Konformitas dalam novel tirologi Dilan karya Pidi Baiq. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/81008960
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12, (1), 55–68.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. http://dx.doi.org/10.22373/je.v3i2.3091
Haryana, R. D. T. (2020). Pengaruh life style, self-control dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif mahasiswa melakukan online shopping. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 16(1), 29. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v16i1.805
Haryono, P. (2014). Hubungan gaya hidup dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 268–273. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674
Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.861
Kurniawan, C. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107–118. https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709
Lailyah, N., Rahayu, T., & Fahira, K. T. (2021). Perilaku pengguna bus pariwisata sebagai konsumen rasional selama pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 42–51. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.229
Lina, & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasar locus of control pada remaja putri. Psikologika, 2(4), 5–13. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol2.iss4.art1
Minanda, A., Roslan, S., & Anggraini, D. (2018). Perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Neo Societal, 3(2), 433–440.
Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 92–100.
Perdana, P. I., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif membeli pakaian pada mahasiswi angkatan 2016 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 6(4), 195–208. https://doi.org/10.14710/empati.2017.20031
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 1–8. http:/doi.org/10.5281/zenodo.1410873
Renaldy, M., Dewi, R. S., & Hidayatullah, M. S. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif konsumen online shop melalui sosial media pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Kognisia, 1(1), 94–97. https://doi.org/10.20527/jk.v1i1.1462
Sahanaya, G. A. (2021). Analisis perilaku konsumtif mahasiswa sebagai dampak perkembangan e-commerce di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(1), 126–131.
Siallagan, A. M., Derang, I., & Nazara, P. G. (2021). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Darma Agung Husada, 8(1), 54–61.
Sucihati, R. N., Usman, & Aprilindia, R. E. (2019). Analisis perilaku konsumtif melalui belanja online pada mahasiswa program S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 64–79. https://doi.org/10.58406/jeb.v7il.522
Tenriawaru, A., Wicaksono, B., & Saniatuzzulfa, R. (2018). Hubungan antara kecenderungan kepribadian narsistik dan financial literacy dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Jurnal Wacana, 10(2), 13–26. https://doi.org/10.13057/wacana.v10i2.126
Triningtyas, D. A., & Margawati, T. M. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap online shopping pada remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 16.
Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan antara self control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950
Ulfa, U. A. (2017). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan gaya hidup konsumtif dengan kepercayaan diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4), 554–562.
Wigati, D., Dewi, W. C., & Sari, N. F. I. (2022). Intensitas mengakses online shopping Instagram dengan perilaku konsumtif. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(1), 1–13.
Wijenayake, S., van Berkel, N., Kostakos, V., & Goncalves, J. (2020). Impact of contextual and personal determinants on online social conformity. Computers in Human Behavior, 108, 106302. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106302
Windayani, S., & Astiti, P. (2017). Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2, 96–108.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially