Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Perilaku Cyberslacking Mahasiswa

Siti Hafizah, Siti Ra'iyati

Abstract


Mengikuti perkembangan penelitian, konsep dari cyberslacking muncul di lingkungan pendidikan seperti dalam perkuliahan yang sebagian besar mahasiswa mengakses atau menggunakan internet untuk hal yang sifatnya non-akademik dalam perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan mahasiswa angkatan 2020–2021 UIN Antasari Banjarmasin yang mempelajari psikologi Islam sebagai responden atau subjek dengan rentang usia 19-22 tahun. Sampel mewakili representasi dari ukuran dan susunan populasi sebanyak 186 dengan jumlah sampel 108 responden. Analisis regresi sederhana digunakan sebagai uji hipotesis yang hasilnya menyatakan  terdapat  pengaruh secara signifikan yang terdapat di antara regulasi diri terhadap perilaku cyberslacking pada mahasiswa jurusan Psikologi Islam angkatan 2020-2021, dengan  kata  lain  hipotesis  diterima.  Hasil  analisis  data  melalui  program  SPSS  26  for  windows  yang menunjukkan  nilai  dari signifikansi  pada  variabel  regulasi diri  dan perilaku cyberslacking yakni sebesar 0,004 (p < 0,05). Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel regulasi diri terhadap perilaku cyberslacking.

Keywords


cyberslacking; mahasiswa; regulasi diri

References


Akbulut, Y., Dursun, Ö. Ö., Dönmez, O., & Şahin, Y. L. (2016). In search of a measure to investigate cyberloafing in educational settings. Computers in Human Behavior, 55, 616–625. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.002

Akın, A., Arslan, S., Arslan, N., Uysal, R., & Sahranç, Ü. (2015). Self-control/management And Internet Addiction. International Online Journal of Educational Sciences, 7(3), 95–100. https://doi.org/10.15345/iojes.2015.03.016

Anam, K., & Pratomo, G. A. (2019). Fenomena Cyberslacking pada Mahasiswa. Journal Unnes Intuisi, 11(3), 202–210. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI/article/view/23378

Anugrah, A. P., & Margaretha, M. (2013). Regulasi diri mempengaruhi perilaku cyberloafing yang dimoderasi oleh berbagai karakteristik individual mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Universitas Kristen Maranatha.

Azizah, M. (2020). the Effect of Technology Progress on Communication Patterns of Umm Students. Jurnal Sosiologi Nusantara, 6(1), 45–54.

Barry, S., Murphy, K., & Drew, S. (2015). From deconstructive misalignment to constructive alignment: Exploring student uses of mobile technologies in university classrooms. Computers and Education, 81, 202–210. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.014

Baumeister, R. F., Gailliot, M., DeWall, C. N., & Oaten, M. (2006). Self-regulation and personality: How interventions increase regulatory success, and how depletion moderates the effects of traits on behavior. Journal of Personality, 74(6), 1773–1802. https://doi.org/10.1111/j.1467-6494.2006.00428.x

Blanchard, A. L., & Henle, C. A. (2008). Correlates of different forms of cyberloafing: The role of norms and external locus of control. Computers in Human Behavior, 24(3), 1067–1084. https://doi.org/10.1016/j.chb.2007.03.008

Cahyono, A. D. (2021). Hubungan Regulasi Diri Dengan Cyberloafing Pada Mahasiswa Malang [Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/75515/

Dias, P., & Castillo, J. A. G. del. (2014). Self-regulation and Tobacco Use: Contributes of the Confirmatory Factor Analysis of the Portuguese Version of the Short Self-Regulation Questionnaire. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 370–374. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.390

Gerow, J. E., Galluch, P. S., & Thatcher, J. B. (2010). To Slack or Not to Slack: Internet Usage in the Classroom. JITTA: Journal of Information Technology Theory and Application, 11(3), 5–23.

Gökçearslan, Ş., Mumcu, F. K., Haşlaman, T., & Çevik, Y. D. (2016). Computers in Human Behavior Modelling smartphone addiction : The role of smartphone usage , self- regulation , general self-ef fi cacy and cyberloa fi ng in university students. Computers in Human Behavior, 63, 639–649.

Ince, M., & Gül, H. (2011). The relation of cyber slacking behaviors with various organizational outputs: Example of Karamanoǧlu Mehmetbey University. European Journal of Scientific Research, 52(4), 507–527.

Isaac, S., & Michael, W. B. (1981). Handbook in Research and Evaluation (2nd Edition). Edits Publishers.

Junco, R., & Cotten, S. R. (2012). No A 4 U: The relationship between multitasking and academic performance. Computers and Education, 59(2), 505–514. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.12.023

Kurniawan, H., & Nastasia, K. (2018). Hubungan self-regulation dengan perilaku cyberloafing pada mahasiswa pasca sarjana. Psyche 165 Journal, 11(2), 1–10.

Lee, S. W. Y., & Tsai, C. C. (2011). Students’ perceptions of collaboration, self-regulated learning, and information seeking in the context of Internet-based learning and traditional learning. Computers in Human Behavior, 27(2), 905–914. https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.11.016

Lim, V. K. G. (2002). The IT way of loafing on the job. Journal of Organizational Behavior, 23(5), 675–694.

Manab, A. (2016). Memahami regulasi diri: Sebuah tinjauan konseptual. Psychology & Humanity, 7–11.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Nuha, M. U. (2021). Pengaruh Stres Akademik dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Cyberloafing Pada Mahasiswa Psikologi Islam IAIN Salatiga. In Frontiers in Neuroscience (Vol. 14, Issue 1). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

O’Neill, T. A., Hambley, L. A., & Chatellier, G. S. (2014). Cyberslacking, engagement, and personality in distributed work environments. Computers in Human Behavior, 40, 152–160. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.08.005

Ozler, D. E., & Polat, G. (2012). Cyberloafing phenomenon in organizations: determinants and impacts. International Journal of EBusiness and EGovernment Studies, 4(2), 1–15.

Prasad, S., & Chen, D. J. Q. (2010). Self-Regulation, Individual Characteristics and Cyberloafing. PACIS Proceedings, 159.

Pratama, M. Y. A., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Perilaku Cyberloafing pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 21–33.

Putri, Y. V. S., & Sokang, Y. A. (2017). Gambaran cyberslacking pada mahasiswa. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia 2017, 2(1), 9–17.

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi, 42(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpsi.6943

Rosa, L. F. (2015). Hubungan Antara Harapan Lulus Tepat Waktu dan Reguladi Diri pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara.

Santoso, S. L. (2015). Hubungan Regulasi Diri Dengan Coping Stres Berfokus Masalah Pada Pengurus Ormawa FIP UNY. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(9).

Saragih, E. S. (2020). Kontrol Diri dan Kecenderungan Internet Addiction Disorder. Philanthropy: Journal of Psychology, 4(1), 57. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1859

Simanjuntak, E., Fajrianthi, F., & Purwono, U. (2019). Skala Cyberslacking Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 18(1), 55. https://doi.org/10.14710/jp.18.1.55-68

Wang, C., Lee, M. K. O., & Hua, Z. (2014). A theory of social media dependence: Evidence from microblog users. Decision Support Systems, 69, 40–49. https://doi.org/10.1016/j.dss.2014.11.002

Wanjohi, R. N., Mwebi, R. B., & Nyang’ara, N. M. (2015). Self-Regulation of Facebook Usage and Academic Performance of Students in Kenyan Universities. Journal of Education and Practice, 6(14), 109–113.

Wu, J. Y. (2017). The indirect relationship of media multitasking self-efficacy on learning performance within the personal learning environment: Implications from the mechanism of perceived attention problems and self-regulation strategies. Computers and Education, 106, 56–72. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.10.010

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9

Yilmaz, F. G. K., Yilmaz, R., Öztürk, H. T., Sezer, B., & Karademir, T. (2015). Cyberloafing as a barrier to the successful integration of information and communication technologies into teaching and learning environments. Computers in Human Behavior, 45, 290–298. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.023


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/psychoidea.v21i2.16148

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2654-3516