Iklim Sekolah dan Schadenfreude dengan Bullying pada Remaja Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Astrid Rizqa Widyastika Universitas Selamat Sri
  • Laelatul Anisah Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i1.16785

Keywords:

Bullying, Iklim Sekolah, Schadenfreude

Abstract

Bullying makin marak dilakukan remaja di sekolah mengakibatkan banyak hal buruk terjadi. Bullying di sekolah tidak hanya bentuk fisik namun juga bullying verbal dan psikologis. Proses pembelajaran di sekolah harus mampu menciptakan suasana sekolah yang positif bagi siswa dapat belajar dan bersosialisasi. Remaja saat ini semakin banyak kehilangan empati sehingga schadenfreude muncul ketika teman yang mengalami kesusahan jarang dibantu ataupun ditolong. Penelitian ini dilakukan untuk menguji hubungan antara iklim sekolah dan schadenfreude dengan bullying di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Hipotesis mayor awal diterima yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara iklim sekolah, schadenfreude dengan bullying. Hipotesis minor 1 dan 2 juga diterima, yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara iklim sekolah dan bullying serta schadenfreude dan bullying. Sumbangan efektif dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 24,4% untuk variabel Iklim Sekolah (X1) dan 30% untuk variabel schadenfreude (x2). Hal ini menunjukkan bahwa schadenfreude memiliki dampak terbesar pada perilaku bullying di sekolah. Siswa dan guru saling melindungi untuk mencegah bullying di sekolah.

Author Biography

Astrid Rizqa Widyastika, Universitas Selamat Sri

Dosen Program Studi Psikologi

References

Alhaija, Y. F. A., & Algani, Y. M. A. (2021). School Bullying And Its Relationship To Social Skills Among Primary School Students In The Palestinian Arab Society In Israel. Journal of Hunan UniversityNatural Sciences, 48(9), 238–256.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka Belajar.

Ehan. (2010). Bullying Dalam Pendidikan.

Faliza. (2022). Bullying Dikalangan Remaja - Kompasiana.com. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/fmayrianda/61d659984b660d3cfb2de833/bullying-dikalangan-remaja.

Halimah, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (n.d.). Persepsi pada Bystander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP (Vol. 42, Issue 2).

Umaroh. S. K. (2017). Agresivitas Siswa Ditinjau Berdasarkan Iklim Sekolah Dan Keyakinan Normatif Mengenai Agresi Students ’Agressivity Reviewed By Climate School And Normative Faith About Aggression. Jurnal Ecopsy, Vol 4 No 1, April. https://media.neliti.com/media/publications/195909-ID-agresivitas-siswa-ditinjau-berdasarkan-i.pdf.

Leach, C. W., Spears, R., & Manstead, A. S. R. (2015). Parsing (malicious) pleasures: Schadenfreude and gloating at others’ adversity. Frontiers in Psychology, 6(FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00201

Magfirah, U & Rachmawati, M. A. (2010). Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying. http://www.antara.co.id/21/2/09

Miaada, A. (2022). Polisi Periksa 12 Saksi Kasus Bullying Siswa SD hingga Koma : Okezone News. (n.d.). Retrieved January 5, 2023, from https://news.okezone.com/read/2022/11/24/519/2713994/polisi-periksa-12-saksi-kasus-bullying-siswa-sd-hingga-koma

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Wade Group.

Ouwerkerk, J. W., & Van Dijk, W. W. (2014). Intergroup rivalry and schadenfreude. In Schadenfreude: Understanding Pleasure at the Misfortune of Others (pp. 186–199). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1007/9781139084246.015

Pribadi, B. (2019). Sekolah Harus Jadi ‘Rumah Kedua’ yang Nyaman Bagi Anak | Republika Online. (n.d.). Retrieved January 5, 2023, from https://news.republika.co.id/berita/nasional/daerah/19/09/16/pxx3ve284-sekolah-harus-jadi-rumah-kedua-yang-nyaman-bagi-anak?

Purnomo, D. (2022). Viral! Kasus Perundungan Anak Sekolah Diduga di Bandung, Korban Pingsan hingga Dilarikan ke RS. (n.d.). Retrieved January 5, 2023, from https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-015859445/viral-kasus-perundungan-anak-sekolah-diduga-di-bandung-korban-pingsan-hingga-dilarikan-ke-rs

Putra, R. M. T. (2018). Thesis. Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Kecenderungan Bullying. http://repository.untag-sby.ac.id/1414/9/JURNAL.pdf.

Rahmawati Fakultas Psikologi Universitas Tama Jagakarsa Jl Letjen TB Simatupang No, S. W., Barat Jagakarsa, T., & Selatan, J. (2017). Peran Pengasuhan Holistik Terhadap Altruisme Dan Bullying. Humanitas, 14(1), 10–25.

Rahmawati, S. W. (2016). Peran Iklim Sekolah terhadap Perundungan. In Jurnal Psikologi (Vol. 43, Issue 2).

Rawita, I. S. (2011). Mengelola Sekolah Efektif Perspektif Manajerial dan Perspektif Sekolah. LAKSBANG.

Rotun, M., & Awalya. (2021). Hubungan Penalaran Moral dan Iklim Sekolah Terhadap Perilaku Bullying. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v4i1.5694.

Rueda, P., Pérez-Romero, N., Cerezo, M. V., & Fernández-Berrocal, P. (2022). The Role of Emotional Intelligence in Adolescent Bullying: A Systematic Review. In Psicologia Educativa (Vol. 28, Issue 1, pp. 53–59). Colegio Oficial de Psicologos de Madrid. https://doi.org/10.5093/psed2021a29

Santamaría-García, H., Baez, S., Reyes, P., Santamaría-García, J. A., Santacruz-Escudero, J. M., Matallana, D., Arévalo, A., Sigman, M., García, A. M., & Ibáñez, A. (2017). A lesion model of envy and Schadenfreude: Legal, deservingness and moral dimensions as revealed by neurodegeneration. Brain, 140(12), 3357–3377. https://doi.org/10.1093/brain/awx269

Saripah, I., & Pd, M. (2008). Model Konseling Kognitif Perilaku Untuk Menanggulangi Bullying Siswa (Studi Pengembangan Model Konseling pada Siswa Sekolah Dasar di Beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

SEJIWA. (2008). Bullying : Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Grasindo.

SEJIWA. (2013). Cyberbullying Series #3 – Bystander Effect Pada Cyberbullying – Yayasan Semai Jiwa Amini. (2013). Retrieved January 5, 2023, from https://sejiwa.org/cyberbullying-series-3-bystander-effect-pada-cyberbullying/

Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Fungky, Ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Sukmawati, R. (2022). Viral Lagi Kasus Bullying Anak Sekolah, di Bandung Pelajar SMP di OKU Malah Anak SD, Tak Kalah Sadis - Halaman all - Tribunjabar.id. (n.d.). Retrieved January 5, 2023, from https://jabar.tribunnews.com/2022/11/21/viral-lagi-kasus-bullying-anak-sekolah-di-bandung-pelajar-smp-di-oku-malah-anak-sd-tak-kalah-sadis?page=all

Sukmawati, I., Fenyara, H. A., Fadhilah, A., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental. Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat UPNVJ , 126–144.

Tarinkulu, I. (2015). Thesis. The Relationships Between Cyber Bullying Perpetration Motives And Personality Traits: Testing Uses And Gratifications Theory. The Degree Of Doctor Of Philosophy Harvard Graduate School Of Education. Cambridge. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED585258.pdf.

Tubbs, J. E., & Garner, M. (2008). The Impact Of School Climate On School Outcomes. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 5(9). https://doi.org/10.19030/tlc.v5i9.1230

Tumon, M. B. A. (2014). Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3 (1).

Utari, R., Safruddin, C., Jabar, A., Surya, P., & Rahmawati, T. (2012). Jurnal UNY. Pembentukan Iklim Sekolah Menuju Learning Community 1. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Rahmania%20Utari,%20M.Pd./ringkasan%20padat%20penelitian%20iklim.pdf.

Yuliejantiningsih, Y. (2012). Hubungan Iklim Sekolah, Beban Tugas, Motivasi Berprestasi, Dan Kepuasan Kerja Guru Dengan Kinerja Guru SD. In JMP (Vol. 1, Issue 3).

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying Oleh. 4(2), 129–389. http://repository.usu.ac.id

Downloads

Published

2023-03-16

Issue

Section

PSYCHOIDEA