HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA

Authors

  • Dewi Astuti Alumni Program Studi Psikologi - Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v7i1.173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat depresi pada remaja. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas satu, kelas dua dan kelas tiga SMU N 4 Purwokerto. Teknik pengambilan penelitian ini adalah random klaster (cluster random) yaitu dengan cara mengundi masing-masing kelas satu, kelas dua dan kelas tiga. Untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional peserta didik digunakan skala kecerdasan emosional yang disusun oleh Azis yang telah diadaptasikan oleh Wahidin (2001). Untuk mengukur tingkat depresi digunakan skala depresi yaitu Beck Depression Inventory (BDI) yang disusun oleh Aaron T. Beck (dalam Hasanat,1996). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Satu Prediktor. Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut : ‘Ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat depresi pada remaja’. Hal ini ditunjukkan dengan skor r = -0,414, F = 21,972 dan p = 0,001. Kata Kunci : kecerdasan emosional, depresi, remaja

References

Agustian, A.G., 2001, Emotional Spiritual Quotient, Jakarta, PT. Raja Grafindo Perkasa.

Aziz, R., 1993, Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Diri Dan Kecenderungan Berperilaku Delikuen Pada Remaja, Tesis, Yogyakarta, Program Pasca Sarjana Psikologi UGM.

Butler, G. dan Hope, T. 2001, Manage Your Mind, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Beck, A. T., 1985, Depresion : Causes And Treatment, Philadelphia, University Of Pennyslvania Press.

Goleman, D, 1997, Emotional Intelligence ( Kecerdasan Emosional ), Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. B., 1980, Psikologi Perkembangan, Jakarta, Erlangga.

Meier, P dan Meier J, 2001, Menjadi Remaja yang Bahagia, Yogyakarta, Yayasan Andi.

Wahidin, M.N., 2001, Hubungan Antara Kecerdasan Emotional dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Umum UII Yogyakarta, Tesis, Yogyakarta, Fakultas Pasca Sarjana Psikologi UGM.

Downloads

Published

2016-08-24

Issue

Section

PSYCHOIDEA