Hubungan Kontrol Diri dengan Celebrity Worship pada Mahasiswa Penggemar K-Pop

Authors

  • Isnaya Arina Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Laras Kurnia Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i2.18379

Keywords:

celebrity worship, kontrol diri, mahasiswa penggemar k-pop

Abstract

Maraknya musik k-pop di Indonesia dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi remaja, misalnya perilaku pemujaan terhadap idola yang berlebihan atau disebut dengan celebrity worship. Riset kali ini menguji hubungan kontrol diri dengan celebrity worship pada mahasiwa penggemar k-pop di Kota Surakarta. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa (usia 18-24 th) penggemar K-Pop yang mengikuti komunitas di area Solo Raya. Adapun sampel yang diambil sebagai data dalam penelitian kali ini berjumlah 153 responden dengan simple random sampling.  Penghimpunan data memakai skala Kontrol diri-Tangney Self Control Scale (TSCS) dan skala celebrity worship. Teknik analisis data yang dipakai yaitu teknik korelasi pearson. Hasil menyatakan bahwasannya hipotesis diterima dengan adanya hubungan negatif antara kedua variabel. Riset kali ini juga mendapati bahwasannya kontrol diri dapat berdampak efektif terhadap celebrity worship dan kategorisasi tingkat celebrity worship pada responden tergolong tinggi, hal ini berarti responden berada pada tingkat Borderline-pathological.

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian (Edisi Ketujuh). Universitas Muhammadiyah Malang.

Asrofi, M. Z. (2021, Desember 21). Trend Budaya K-POP Di Kalangan Remaja Indonesia: BTS Meal Hingga Fanatisme. egsa.geo.ugm.ac.id. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2021/12/21/trend-budaya-k-pop-di-kalangan-remaja-indonesia-bts-meal-hingga-fanatisme/

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Pustaka Pelajar.

Boon, S., & Lomore, C. (2001). Admirer-celebrity relationships among young adults.. Human Communication Research, 27(3), 432–465. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.2001.tb00788.x

Booth, P. (2018). A Companion to Media Fandom and Fan Studies (P. Booth, Ed.). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119237211

Brooks, S. K. (2021). FANatics: Systematic literature review of factors associated with celebrity worship, and suggested directions for future research. Current Psychology, 40(2), 864–886. https://doi.org/10.1007/s12144-018-9978-4

Darfiyanti, D. & M. G. Bagus. AP. (2012). Pemujaan terhadap Idola Pop sebagai Dasar Intimate Relationship pada Dewasa Awal: sebuah Studi Kasus. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 1(2), 66–73.

Dewi, C.A (2020) Hubungan antara Self-control dan Compulsive Buying pada wanita dewasa tengah di Indonesia. Skripsi, Sanata Dharma University.

Fachrosi, E., Tia Fani, D., Fadhila Lubis, R., Bella Aritonang, N., Azizah, N., Reza Saragih, D., & Malik, F. (2020). Dinamika Fanatisme Penggemar K-Pop pada Komunitas BTS-Army Medan The Dynamics of K-Pop Fanaticism in the BTS-Army Medan Community. Jurnal Diversita, 6(2). https://doi.org/10.31289/diversita.v6i2.3782

Fauziah, D. N., & Chusairi, A. (2022). Hubungan antara Celebrity Worship dan Kesejahteraan Psikologis Remaja Penggemar K-Pop. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 398–400. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.34636

Ghufron, M. N., & S Risnawitaq, R. (2017). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri, Ed.). Ar-Ruzz Media.

Henry. (2021, Oktober 8). Indonesia Tempati Urutan ke-4 Penggemar Korean Wave Terbesar di Dunia. liputan6.com. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4678671/indonesia-tempati-urutan-ke-4-penggemar-korean-wave-terbesar-di-dunia

Huh, H. (2012). Digit ratio and celebrity worship. Personality and Individual Differences, 52(3), 265-268. doi:10.1016/j.paid.2011.10.025

Indarini, N. (2015, Desember 16). Celebrity Worship Syndrome, Obsesi Berat Pada Sang Idola. health.detik.com. https://health.detik.com/ulasan-khas/d-3097353/celebrity-worship-syndrome-obsesi-berat-pada-sang-idola

Indri. (2021, September 13). Gila! Indonesia Jadi Negara Nomor 2 Pendengar KPOP Terbanyak di Spotify. urbandigital.id. https://urbandigital.id/indonesia-nomor-2-pendengar-kpop-spotify/

Javier, F. (2021, Agustus 5). Ada 7,5 Miliar Twit K-Pop pada Juli 2020-Juni 2021, Terbanyak dari Indonesia. tempo.com. https://data.tempo.co/data/1174/ada-75-miliar-twit-k-pop-pada-juli-2020-juni-2021-terbanyak-dari-indonesia

Kong, H., Liu, J. K., Kei, C., & Liu, J. K. K. (. (t.t.). Idol worship, religiosity, and self-esteem among university and secondary students in. http://hdl.handle.net/2031/7134

Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personel Psychology, 28(4), 563–575.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411–428. https://doi.org/10.1348/0007126042369794

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.07.004

Mandas, A. L., Suroso, S., & S, D. S. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Celebrity Worship Pada Remaja Pecinta Korea Di Manado Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Psikovidya, 22(2), 164–189. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v22i2.111

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454

Marsela, R.D, & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.

Nurani, N. (2017, Januari 6). Fanatisme Fans K-Pop: Candu dan Bumbu Remaja. kumparan.com. https://kumparan.com/kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja/full

Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent idolization of pop singers: Causes, expressions, and reliance. Journal of Youth and Adolescence, 25(5), 631–650. https://doi.org/10.1007/BF01537358

Rojek, C. (2012). Fame Attack. Bloomsbury Publishing Plc. https://doi.org/10.5040/9781849661386

Santoso, S. (2010). Mastering SPSS 18 (Cetakan 1). PT Elex Media Komputindo.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup (Edisi 13). Erlangga.

Shim, D. (2006). Hybridity and the rise of Korean popular culture in Asia. Media, Culture & Society, 28(1), 25–44. https://doi.org/10.1177/0163443706059278

Sriyanti, L. (2012). Pembentukan Self Control dalam Perspektif Nilai Multikultural. Mudarrisa, 4 (1), 68-89.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High Self-Control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 72(2), 271–324. https://doi.org/10.1111/j.0022-3506.2004.00263.x

Tartila, P. L. (2013). Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz. http://airde.multiply.com

Utami, F. R., Sitasari, N. W., & Rozali, Y. A. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Celebrity Worship Pada Army BTS Dewasa Awal. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/semnaspsikologi/article/view/205

Wayan, N., Ayu, R. S., & Astiti, D. P. (2020). Gambaran Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop. Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 2720–8958. https://doi.org/10.24014/pib.v%vi%i.9858

Widarti (2016). Konformitas dan Fanatisme Remaja Kepada Korean Wave (Studi Kasus pada Komunitas Penggemar Grup Musik CN Blue). Dalam Jurnal Komunikasi, 2.

Downloads

Published

2023-10-13

Issue

Section

PSYCHOIDEA