Trengginas: Sebuah Konsep Psikologi

Authors

  • Zein Permana Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Aghniya Fatwa Universitas jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v21i2.18456

Keywords:

agile, grit, grounded theory, trengginas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis konsep "trengginas" secara mendalam dari perspektif psikologis. Konsep trengginas merujuk pada karakteristik individu yang aktif, terampil, kreatif, tangkas, dan mampu bekerja keras dalam menyelesaikan tugas. Meskipun ada beberapa padanan kata seperti agile atau grit, kedalaman dan cakupan konsep trengginas membuatnya sulit dijelaskan dengan konsep yang sudah ada. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep trengginas mencakup kemampuan untuk merespon secara kognitif dan konsisten berdasarkan kondisi diri dalam gerakan tertentu baik itu secara multitasking dan fleksibel. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep trengginas dan kontribusi untuk membangun serta mengembangkan teori baru terkait trengginas dari perspektif psikologis.

References

Agrawal, D., Chukkali, S., & Singh, S. (2022). Antecedents and consequences of grit among working adults: A transpersonal psychology perspective. Frontiers in Psychology, 13, 896231. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.896231

Anseel, F. (2017). Agile learning strategies for sustainable careers: A review and integrated model of feedback-seeking behavior and reflection. Current Opinion in Environmental Sustainability, 28, 51-57. https://doi.org/10.1016/j.cosust.2017.07.00

Armanious, M., & Padgett, J. D. (2021). Agile learning strategies to compete in an uncertain business environment. Journal of Workplace Learning, 33(8), 635-647. DOI: 10.1108/JWL-11-2020-0181

Danti, N. R., Benty, D. D. N., & Nurabadi, A. (2019). Sistem pengasuhan dalam kurikulum khusus sebagai pembentukan karakter di SMA berbasis ketarunaan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 232-237.

Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: perseverance and passion for long-term goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087–1101. http://dx.doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087

Faisyal, M., Nurihsan, J., & Robandi, B. (2023, February). Pedagogical values in pencak silat extracurricular activities for developing elementary school students'characters at SDN 2 Pangeureunan. In Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science (ICSS), 2(1). 217-223. https://dx.doi.org/10.59188/icss.v2i1.110

Nahor, S. B. (2010). Optimalisasi profesionalisme pengawak alutsista TNI AL dalam rangka mendukung kesiapan operasi: Studi di Komando Armada RI Kawasan Barat. (Tesis tidak dipublikasikan). Sekolah Pascasarjana Magister Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Gunawan, B. (2015). Strategi komunikasi villa 2000 football academy dalam pemasaran produk akademi melalui media internet (Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49083.

Gravett, L. S., & Caldwell, S. A. (2016). Learning agility: The impact on recruitment and retention. New York: Palgrave Macmillan.

Harsch, K., & Festing, M. (2020). Dynamic talent management capabilities and organizational agility—A qualitative exploration. Human Resource Management, 59(1), 43-61. https://dx.doi.org/10.1002/hrm.21972

Kholis, M. N. (2016). Aplikasi nilai-nilai luhur pencak silat sarana membentuk moralitas bangsa. Jurnal Sportif, 2(2). https://dx.doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.508

Lee, D. H., Reasoner, K., & Lee, D. (2023). Grit: what is it and why does it matter in medicine?. Postgraduate Medical Journal, 99(1172), 535-541. https://doi.org/10.1136/postgradmedj-2023-123456

Longmuß, J., Höhne, B., Bräutigam, S., Oberländer, A., & Schindler, F. (2016). Agile learning: Bridging the gap between industry and university – A model approach to embedded learning and competence development for the future workforce. In Proceedings of the 44th SEFI Conference.

Negara, P., Gultom, R. A. G., & Widjajanto, J. (2019). Analisis peran pusat pendidikan infanteri dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Jurnal Strategi Perang Semesta, 5(1). https://dx.doi.org/10.56555/sps.v5i1.381

Noguera, I., Guerrero-Roldán, A. E., & Masó, R. (2018). Collaborative agile learning in online environments: Strategies for improving team regulation and project management. Computers & Education, 116, 110-129. https://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.008

Nuraida, N. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter melalui pendidikan pencak silat untuk anak usia dini (Studi Kasus Di Paguron Pencak Silat Galura Panglipur Bandung). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 59-77. https://dx.doi.org/10.22460/ts.v2i1p59-77.309

Nurnindyah, D., Pramadi, A., & Pandjaitan, L. (2022). Student Engagement in Military Education. In Proceedings of the 2nd International Conference on Psychological Studies (ICPsyche2021), SciTePress, 181-192. https://dx.doi.org/10.5220/0010810300003347

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y

Permana, M. Z. (2020). Pengembangan Identitas Baru: Konsep Perluasan Diri dalam Relasi Interpersonal. Psikologi untuk Indonesia: Isu isu terkini relasi sosial dari intrapersonal hingga interorganisasi, 43.

Putro, B. R. P. (2021). Peran resiliensi terhadap work engagement anggota resimen mahasiswa Universitas Gadjah Mada: Studi pada organisasi bercorak semi-militer. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rini, R. P. (2018). Pengaruh engagement terhadap kinerja dengan grit sebagai pemoderasi. (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rumani, S. (2018). Analisis kebutuhan pustakawan Perguruan Tinggi Negeri (PTN): Studi kasus perpustakaan PTN di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Media Pustakawan, 25(5), 58-77. https://dx.doi.org/10.37014/medpus.v25i5.3275

Saputro, P. H., & Siswantoyo, M. (2018, December). Developing a model of character education of 5t-based pencak silat. In 2nd Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (YISHPESS 2018) and 1st Conference on Interdisciplinary Approach in Sports (CoIS 2018), Atlantis Press, 181-185. https://dx.doi.org/10.2991/yishpess-cois-18.2018.47

Saputra, N., Chumaidah, E., & Aryanto, R. (2021). Multi-layer agility: A proposed concept of business agility in organizational behavior perspective. Diponegoro International Journal of Business, 4(1), 30-41. https://doi.org/10.14710/dijb.4.1.2021.30-41

Suryani, A. (2012). Pengaruh budaya organisasi dan etika kerja terhadap kinerja dosen perguruan tinggi di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah. (Tesis tidak dipublikasikan). Program Pascasarjana Magister Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara.

Suryono, S., Mahardika, I. M. S., & Tuasikal, A. R. (2020). Pride learning model in order to improve the physical fitness of Indonesian Naval Academy Cadets. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 235-243. https://dx.doi.org/10.33258/birle.v3i1.784

Sutarwati, S. (2018). Implementasi perjanjian kerja sama antara Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan dengan Akademi Angkatan Udara dalam membentuk karakter taruna berdasarkan nilai-nilai pancasila. Jurnal Manajemen Dirgantara, 11(2), 18-24.

Strauss & Corbin. (1997). Grounded Theory in Practice. SAGE Publications: United States of America.

Syahnaz, R. A. A., Murdowo, D., & Palupi, F. R. (2018). Redesain pusat pendidikan pembekalan angkutan TNI-AD di Cimahi. e-Proceedings of Art & Design, 5(3).

Tanjung, N. K., & Satyawan, L. I. (2021). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan grit pada siswa TNI di Lembaga ‘X’ Kota Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(1), 61–75. https://dx.doi.org/10.28932/humanitas.v5i1.3338

Thornberg, R., Perhamus, L., & Charmaz, K. (2014). Grounded Theory. Dalam Saracho, O. N. (Eds.), Handbook of research methods in early childhood education: Research methodologies (Vol. 1, hlm. 405-439). United States of America: Information Age Publishing (IAP).

Ubaidillah, A. F., Bafadal, I., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2020). Cultivating marine leadership character through multicultural boarding-school system. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 191-206. https://dx.doi.org/10.21831/cp.v39i1.28344

Wardhani, N. S., Sulastiana, M., & Ashriyana, R. (2022). Adaptasi alat ukur learning agility pada karyawan untuk meningkatkan organizational agility: Versi Bahasa Indonesia. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 27(2), 243-264. https://dx.doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss2.art4

Widorekno, R. A., Widorekno, R. A., & Supriyadi, S. (2021). Literasi digital dalam membangun sumber daya manusia pertahanan yang unggul. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(4), 793-802. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.793-802

Wiyono, B., Rahmanto, A., & Utari, P. (2021). The role of stakeholders in the City Branding Policy “Madiun Karismatik” Madiun City Government. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 510-515. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i2.2397

Woodrow, H. (1946). The ability to learn. Psychological Review, 53(3), 147–158. https://dx.doi.org/10.1037/h0053639

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

PSYCHOIDEA