Kontrak Psikologis pada Karyawan Kontrak Bagian Marketing Di PT Nasmoco Purwokerto

Authors

  • Aditya Anjar Polres Sabhara Unit Obvit Purwokerto
  • Retno Dwiyanti Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v14i2.2117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kontrak psikologis pada karyawan kontrak bagian marketing di PT Nasmoco Purwokerto. Kontrak Psikologis terbagi menjadi tiga dimensi yaitu transactional contract, relational contract dan balanced contract. Subjek penelitian ini adalah seluruh karyawan kontrak bagian marketing yang berjumlah 30 orang. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Croncbach. Skor validitas untuk skala kontrak psikologis bergerak dari aitem terkecil sampai aitem terbesar yaitu r= 0,385 sampai r=0,744 dengan skor reliabilitas sebesar α = 0,926. Penelitian mengungkap bahwa Kontrak Psikologis karyawan kontrak bagian marketing di PT Nasmoco berada pada dimensi transactional contract dengan perincian pada dimensi transactional contract terdapat 26 subyek, pada kategori dimensi relational contract terdapat 1 subyek, dan pada dimensi balanced contract terdapat 3 subyek.

 

Kata Kunci : Kontrak Psikologis, Transactional Contract, Relational Contract, Balance  Contract

References

Conway & Briner. (2005). Understanding Psychological Contracts at Work. New York : Oxford University

Davis, K. dan Newstrom, J. (1989). Human Behavior at Work. Organization Behavior. 8th Edition. Singapore: Mc. Graw-Hill. International.

De Vos, (2002), Pengantar Etika, (Alih Bahasa : Soemargono), Yogyakarta : Tiara Wacana

George & Jones, (2008), Understanding and Managing Organizational Behavior 4th Edition, Pearson Prentice Hall.

Herriot, P., & Pemberton, C., (1996) Contracting careers. Hum Relat 49:757–790

Indrasari, T. (2010). Praktek Kerja Kontrak dan Outsourching Buruh di Sektor Industri Metal di Indonesia. Bandung : Akatiga

Kotlet, P. (1997). Dasar- dasar Pemasaran. Jakarta : Intermedia

Newell H, Dopson S, (1996) Muddle in the middle: organizational restructuring and middle management careers. Pers Rev 25(4):4–20

Rousseau. (2000). Psychology Contract Inventory Technical Report. USA : Carnegie Mellon University

William J. (1993). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2016-07-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA