Efektivitas Penggunaan Teknik Token Ekonomi Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi FKIK Universitas Jambi

Authors

  • Khuzaimah Khuzaimah Prodi Psikologi – Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v15i1.2238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik token ekonomi terhadap perilaku prokrastinasi mahasiswa Program Studi Psikologi FKIK Universitas Jambi.Penelitian menggunakan metode eksperimental-kuasi dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di Prodi Psikologi FKIK Universitas Jambi, dengan jumlah subjek sebanyak 46 mahasiswa.Penelitian menggunakan skala perilaku prokrastinasi akademik.Uji validitas data menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik koefisien alpha berstrarta. Hasil try out alat ukur menunjukkan bahwa skala perilaku prokrastinasi akademik memiliki skor validitas yang bergerak dari 0,284 sampai 0,782 dengan 30 butir soal pernyataan yang valid dengan nilai reliabilitas 0,82. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik paired data t-test.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan token ekonomi dengan nilai sig. 0,047.. Perbedaan signifikan 0,007 berupa penurunan perilaku prokrastinasi akademik maladaptif mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan token ekonomi, dan terdapat pengurangan mean sebesar 2,58. Tidak ditemukan perbedaan perilaku prokrastinasi adaptif dan nonprokrastinator pada mahasiswa. Perbedaan perilaku ditunjukkan lebih signifikan pada prokrastinasi maladaptif dengan signifikan 5% p=0,007 (p<0,05). Penurunan ini dikarenakan adanya nilai sebagai reward yang dihasilkan jika mengumpulkan tugas tepat waktu dan mendapatkan token. Kata Kunci: Mahasiswa, Prokrastinasi Akademik, Token Ekonomi

References

Aljuhaish, S. F. (2015). The Effectiveness of Behaviourist's Token Economy System on Teaching English as a Second Language at Saudi Schools in Kuala Lumpur. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 2(3), 43-49. Boniecki, K. A., & Moore, S. (2003). Breaking the Silence: Using a Token Economy to Reinforce Classroom Participation. Teaching of Psychology, 30(3). Chevalier, N. T. (2012). The Token Economy; Reducing the Disruptive and OffTask Behavior. (Tesis, Tidak Dipublikasikan). Amerika. Hasanah, N. (2013). Terapi Token Ekonomi untuk Mengubah Perilaku Lekat di Sekolah. Jurnal Humanitas, 10(1). Hussain, I., & Sultan, S. (2010). Analysis of Procrastination Among University Students. Procedia Social and Behavioral Science, 5, 1897-1904. Indrijati, H. (2009). Efektivitas Metode Modifikasi Perilaku "Token Economy" dalam Proses Belajar Mengajar Dikelas. Jurnal Psikologi Indonesia , 5(1), 43-54. Mujiyati. (2015). Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Melalui Teknik Token Economy. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 142-150. Ozer, B. U. (2011). A Cross Sectional Study on Procrastination: Who Procrastinate More? International Conference on Education, Research, and Innovation (p. Vol. 18). Singapore: IACSIT Press. Ozer, B., Demir, A., & Ferrari, J. (2009). Exploring Academic Procrastination Among Turkish Students: Possible Gender Differences in Prevalence and Reasons. The Journal of Social Psychology, 149, 241-257. Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi: Asyik, Mudah, dan Bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pierce, W. D., & Cheney, C. D. (2004). Behavior Analysis and Learning (3rd edition). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. Hadi, S. (2015). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Indonesia Educational Statistics in Brief. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rahmawati, N.S. (2015). Token Economy Sebagai Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Baturetno. (Skripsi, Tidak Dipublikasikan). Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia. Republik Indonesia. (2012, Agustus 27). Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 tentang Perguruan Tinggi. Retrieved from http://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012_Full.pdf Sari, F. Y. (2015). Efektivitas Metode Token Ekonomi terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kelas V di SDIT Bakti Islami Sleman. (Skripsi,Tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia. Schraw, G., Wadkins, T., & Olafson, L. (2007). Doing the Things We Do: A Grounded Theory of Academic Procrastination. American Psychological Association Journal of Educational Psychology, 99(1), 12-25. Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks. Siaputra, I. B. (2010). Temporal Motivation Theory; Best Theory (Yet) to Explain Procrastination. Anima Indonesian Psychological Journal, 25(3), 206-214. Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. American Psychological Association Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509. Subekti, S. B. (2014). Perbedaan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Sarjana Universitas Indonesia Berdasarkan Demografi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Sumadi, S. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Surijah, E. A., & Tjundjing, S. (2017). Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Anima Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352-374. Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi. Universitas Jambi. (2013). Prospektus Universitas Jambi 2013/2014. Jambi: Kampus Unja Mendalo. Urbina, S. (2004). Essentials of Psychology Testing. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Widhiarso, Wahyu. (2009). Koefisien Reliabilitas pada Pengukuran Kepribadian yang Bersifat Multidimensi. Psikobuana, 1(1), 39-48.

Downloads

Published

2017-02-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA