Dinamika Kenakalan Remaja pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v15i1.2239Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika kenakalan remaja dan apa saja faktor yang mempengaruhi munculnya kenakalan remaja pada siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Informan dari penelitian ini dipilih secara purposive sampling.Jumlah dari informan adalah 4 orang yaitu 3 orang santri putra dan 1 orang pengurus pondok sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dinamika kenakalan remaja pada siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen muncul dalam empat aspek, yaitu: (a) orientasi, (b) emosi, (c) interaksi sosial, dan (d) aktivitas. Temuan yang menarik dari penelitian ini adalah dua faktor utama yang menyebabkan munculnya perilaku kenakalan remaja pada siswa SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen yaitu waktu dan pengawasan.
Kata Kunci :Faktor penyebab, Kenakalan remaja, Siswa sekolah berbasis Islam
References
Afiyanti, Y. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Riset Keperawatan. Jakarta: Rajawali Press
Cahyo, N.R.M. (2009). Keluarga dan Kenakalan.(Skripsi tidak diterbitkan).Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Chang & Lee. (2005). The Influence of Parents, Peer Delinquency, and School Attitudes on Academic Achievement in Chinese, Cambodian, Laotian, or Mien, and Vietnamese Youth. Journal of Crime & Delinquency, 51, 238264.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif edisi kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai edisi Revisi.Jakarta LP3ES
Djaelani.(2006). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES
Fuhrmann, B.S. (1990). Adolescenes, adolescent. England: A Division of Scott Foresman Company
Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Hurlock, E.B. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kartono, K. (2003). Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Marginson, S. (2011).Emeritus Professor W.F. Connell 1916-2001.Australian Journal of Education, 45 (3) 231-236.
Mastuhu.(1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Mussen, P.H., Budiyanto, F. X., Widiyanto, G., & Gayatri, A. (1994).Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Archan.
Prasodjo, S. (1974).Profil Pesantren, Laporan Hasil Penelitian Pesantren AlFalak Delapan Pesantren Lain di Bogor. Jakarta: LP3ES.
Santrock, J. W. (2002). Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup edisi 5 jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, S. W. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially