STUDI TENTANG STRATEGI WANITA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK DARI KELUARGA MISKIN DI PURWOKERTO SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i1.228Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi wanita dalam mengembangkan karakter anak dari keluarga miskin di Purwokerto Selatan dan mengkaji faktor-faktor apa saja yang menghambat wanita dalam mengembangkan karakter anak dari keluarga miskin di Purwokerto Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dialami anak- anak dari keluarga miskin yaitu kurang kerjasama, kurang percaya diri, kurang toleransi, kurang cinta damai, kurang santun, kurang tanggungjawab, dan kurang sikap kepemimpinannya. Strategi yang digunakan wanita dalam mengembangkan karakter anaknya adalah dengan memberi hukuman, memberi nasehat, memberi perhatian, mendampingi anak, memberi contoh, dan menjalin kasih sayang. Informan tidak memberi pengetahuan tentang karakter yang baik dan tidak memberi support /ganjaran pada anak. Karakter yang dikembangkan wanita dalam keluarga miskin yaitu tanggungjawab, disiplin, mandiri, kasih sayang, peduli dan kerjasama. Sedangkan karakter yang tidak dikembangkan adalah cinta pada Alloh, jujur, percaya diri, kreatif, adil, dan pantang menyerah. Hambatan yang ditemui wanita dalam mengembangkan karakter anak adalah dalam manajemen diri, yaitu kesulitan membagi perhatian ke semua anak yang jumlahnya banyak dan kesulitan menemukan metode pengasuhan yang tepat kepada masing-masing anaknya.References
Arnold, Barbara, Jinks, Bigby, 2007, “Is there Relationships between Honor Codes and Academic Dishonesty. Journal of College and Character. Vol VIII, No 2 Feb, 2007.
Anonim, 2006, â€Tingkat Kemiskinan di Indonesia tahun 2005-2006â€, Berita Resmi statistik No.47/IX/1 September 2006
Alwisol, 2006, Psikologi Kepribadian, Malang : UMM
Astutik, D., 2004, “Pengembangan Model Pembinaan Anak Jalanan Melalui Rumah Singgah di Jawa Timur”, Tesis, Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusis, Program Pasca Sarjana, Universitas Airlangga.
Azra, A., 2002, Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi,Jakarta:Kompas.
Berkowitz, M. 1995. The Education of the Complete Moral Person. Aberdeen, Scotland: Gordon Cook Foundation
Blanchard, K.H., 1990, Management of Organzational Behavior, Utilizing Human Resources, New Jersey : Prentice-Hall. Inc.
Ellis, G.F.R., 1994, “The Dimention of Proverty”, In Social Indicator Research, Philippines : Asian Development Review.
Farhan, Y., 2006, “Kajian Kerangka Kebijakan dan Inisiatif Perencanaan Penganggaran Pro Rakyat Miskin”, dalam Membangun Gerakan Pro-Poor Budget (editor : Insan Purnama), Jakarta : Seknas Fitra
Gunawan & Sugiyanto, “Kondisi Keluarga Fakir Miskin”, hasil penelitian dalam http://pfm.depsos.go.id. ”. Diakses 4 Januari 2008
Hart, D., Atkins, R., & Matsuba, M. K. (2008). “The Association of Neighborhood Poverty with Personality Change in Childhood”. Journal of Personality and Social Psychology, 94(6), 1048-1061.
Hariyadi, S., 2003, Psikologi Perkembangan, Semarang : UNNES Press
Huitt, W. 2004. Character Development, Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University
Kilpatrick, W., 1992, Why Johny Can’t Tell Right From Wrong, New York : Simon & Schuster, Inc
Lestari, S., 2007, â€Parenting Stress dan Pengelolaannyaâ€, Makalah dalam Konferensi Nasional Stress Management dalam Berbagai Setting Kehidupan, Bandung 2-3 Februari 2007.
Malo, M., 2009, Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Mehkta, S., 2007, “Hubungan Persepsi Anak tentang Mekanisme dengan Self Efficacy Akademik”, Laporan Hasil Penelitian , Jakarta : Unika Atmajaya.
Musfiroh, T., 2008, “Pengembangan Karakter Anak melalui Pendidikan Karakter” dalam Character Building (Editor : Arismantoro), Yogyakarta : Tiara Wacana
Naimah, T., dan Suwarti, 2007, â€Pendidikan Alternatif untuk Anak Jalanan di Rumah Singgah (Studi Kasus di Purwokerto),†dalam jurnal Eksplanasi Vol. 4 Nomor 7, Mei 2009.
_____________________, 2008, Strategi Pengembangan Soft Skills untuk Anak Miskin dengan Pendekatan Institusional Base (Studi Kasus di SKB Kalibagor Banyumas)â€, Laporan Penelitian, LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
¬¬¬¬¬¬Raka. 1997. Pendidikan Membangun Karakter. Bandung. Makalah Tidak dipublikasikan
Septiningsih, DS & Naimah, T., 2004, “Studi tentang Wanita Berkeluarga yang Bekerja”, Laporan Penelitian, LPPM UMP. tidak diterbitkan.
Tangdilintin, P., 2007, Masalah-masalah Sosial. Jakarta : Universitas Terbuka.
Walberg & Wynne, E.A. (1989). “Character and Academics in the Elementary School”, in J.S. Benigna (ed). Moral Character and Civic Education in the Elementary School. New York: Teachers College Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially