PERANAN ORANGTUA DALAM DONGENG SEBELUM TIDUR UNTUK OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dongeng sebelum tidur untuk optimalisasi kemampuan berkomunikasi anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif tipe studi kasus dengan pendekatan kasus tunggal. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek terdiri dari siswa Kelompok Bermain (KB) UMP yang orangtuanya memiliki kebiasaan memberi dongeng. Penelitian dilakukan di KB UMP, Kecamatan Kembaran, Purwokerto. Sumber data lainnya adalah guru kelas, orangtua siswa dan pengasuh siswa. Validitas penelitian dilakukan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah kemampuan berkomunikasi subjek semakin optimal setelah subjek diberikan dongeng sebelum tidur setiap hari selama kurang lebih 1 bulan lamanya. Peningkatan kemampuan komunikasi subjek dapat terlihat melalui beberapa kemampuan seperti : Penambahan kosakata, pemahaman apa yang ia ucapkan dan apa yang orang lain ucapkan, pengucapan atau fonologi, kemampuan menyusun kata dalam mengutarakan kemauannya, termasuk kemampuan menyusun kata ketika berpendapat atau berkomentar terhadap sesuatu yang membuatnya tertarik, serta pemilihan kata dan penggunaan kata dalam berkomunikasi Kata kunci: dongeng, kemampuan berkomunikasi, anak usia diniReferences
Bernstein, D.K., & Tiegerman, E. 1993. Language and communication disorders in children. New York : Maxwell Macmillian International.
Bloom, L., & Lahey, M., 1978. Language development and language disorders. New York : John Wiley & Sons.
Hawadi, R.A. 2001. Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta : PT. Grasindo
Moleong, L.J, 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Montessori, M..1994. Spontaneous Activity in Education. Cambridge, Mass., : Robert Benrley Inc.
Musfiroh, T, 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Santrock, J.W. 2007. Child Development (Terjemahan : Mila Rahmawati & Anna Kuswanti). Jakarta : Erlangga
Sunarto, J., Takeuchi, K & Nakata,H, 2005, Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal, Jepang : CRICED University of Tsukuba.
Surakhmad, W, 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially