PERANAN ORANGTUA DALAM DONGENG SEBELUM TIDUR UNTUK OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK USIA DINI

Authors

  • Anita Rosalina Dosen PG PAUD – FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yuki Widyasari Dosen PG PAUD – FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Melati Ismi Hapsari Dosen PG PAUD – FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dongeng sebelum tidur untuk optimalisasi kemampuan berkomunikasi anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif tipe studi kasus dengan pendekatan kasus tunggal. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek terdiri dari siswa Kelompok Bermain (KB) UMP yang orangtuanya memiliki kebiasaan memberi dongeng. Penelitian dilakukan di KB UMP, Kecamatan Kembaran, Purwokerto. Sumber data lainnya adalah guru kelas, orangtua siswa dan pengasuh siswa. Validitas penelitian dilakukan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah kemampuan berkomunikasi subjek semakin optimal setelah subjek diberikan dongeng sebelum tidur setiap hari selama kurang lebih 1 bulan lamanya. Peningkatan kemampuan komunikasi subjek dapat terlihat melalui beberapa kemampuan seperti : Penambahan kosakata, pemahaman apa yang ia ucapkan dan apa yang orang lain ucapkan, pengucapan atau fonologi, kemampuan menyusun kata dalam mengutarakan kemauannya, termasuk kemampuan menyusun kata ketika berpendapat atau berkomentar terhadap sesuatu yang membuatnya tertarik, serta pemilihan kata dan penggunaan kata dalam berkomunikasi Kata kunci: dongeng, kemampuan berkomunikasi, anak usia dini

References

Bernstein, D.K., & Tiegerman, E. 1993. Language and communication disorders in children. New York : Maxwell Macmillian International.

Bloom, L., & Lahey, M., 1978. Language development and language disorders. New York : John Wiley & Sons.

Hawadi, R.A. 2001. Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta : PT. Grasindo

Moleong, L.J, 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Montessori, M..1994. Spontaneous Activity in Education. Cambridge, Mass., : Robert Benrley Inc.

Musfiroh, T, 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Santrock, J.W. 2007. Child Development (Terjemahan : Mila Rahmawati & Anna Kuswanti). Jakarta : Erlangga

Sunarto, J., Takeuchi, K & Nakata,H, 2005, Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal, Jepang : CRICED University of Tsukuba.

Surakhmad, W, 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito

Downloads

Published

2010-07-02

Issue

Section

PSYCHOIDEA