EFEKTIFITAS TERAPI GERAK DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KRANJI PURWOKERTO

Authors

  • Nur'aeni Nur'aeni Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas terapi gerak dalam penanganan kesulitan belajar mata pelajaran bahasa Indonsia dan matematika peserta didik Sekolah Dasar Kranji 2 Purwokerto. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre and post test eksperimen. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik berkesulitan belajar yang diperoleh dari nilai rapot semester gasal dan dicocokkan dengan hasil tes IQ. Pelaksanaan eksperimen dilakukan oleh 4 fasilitator dalam terapi gerak, yang terdiri dari 2 mahasiswa dan 2 peneliti. Terapi dilaksanakan selama 16 kali pertemuan. Hasil penelitian: 1) untuk bidang studi Bahasa Indonesia, analisis data menggunakan uji Anova diperoleh F hitung sebesar 0,950. Dibandingkan dengan F tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan df = 1;52 yaitu sebesar 4,03 (F hitung < F tabel = 0,950 < 4,03). Hasil itu menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai hasil ujian semester gasal dengan nilai ujian tengah semester genap tahun akademik 2010/2011. Artinya, terapi gerak tidak efektif untuk mengatasi kesulitan belajar bidang studi bahasa indonesia. 2) untuk bidang studi matematika analisis data menggunakan uji Anova diperoleh F hitung sebesar 3,662. Dibandingkan dengan F tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan df = 1;52 yaitu sebesar 4,03 (F hitung < F tabel = 3,662 < 4,03). Hasil itu menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai hasil ujian semester gasal dengan nilai ujian tengah semester genap tahun akademik 2010/2011. Artinya terapi gerak tidak efektif untuk mengatasi kesulitan belajar bidang studi Matematika. Kata Kunci : Terapi Gerak, Kesulitan Belajar, Bahasa Indonesia, Matematika

References

Abdurrahman, M. 1994. Survai tentang Perkiraan Jumlah Siswa SD di DKI Jakarta yang Membutuhkan Pelayanan PLB. Laporan Hasil Penelitian. Jakarta: Lembaga Penelitian IKIP Jakarta

______________ . 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fletcher, J.M., Foorman, B.R., Boudousquie, A., Barnes, M.S., Schatschneider, C & Francis, D.J (2002). Assesment of Reading and Learning Disabilities A Research-Based Inervention-Oriented Approach. Journal Of School Psychology. Vol. 40 No. 12 pp. 27-63

Hallahan, D. F, Kauffman, J. M., & Lloyd, J. W. 1985. Introduction to Learning Disabilities. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Lerner, J. (2003). Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Teaching Strategies. Boston: Houghton Mifflin Company.

Nawangsari, N.A.F. dan Suprapti, V (t.t)., Identifikasi dan model intervensi gangguan kesulitan belajar pada siswa Sekolah Dasar di Surabaya. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Setyono, I., 2008. Pelatihan Penanganan Kesulitan Belajar. Makalah. Bandung: Biro Konsultasi Dwipayana. 10 – 12 Oktober 2008.

Sternberg, R.G & Grigorenko E.L (2002). Difference Scores in The Identification of Children With Learning Disabilities It’s Time to Use A different Method. Journal of School Psychology Vol. 40 No. 1 pp. 65-83

Yusuf, M. S, Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Downloads

Published

2010-07-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA