STUDI DESKRIPTIF TENTANG AGGRESSIVE DRIVING SEPEDA MOTOR DI JALAN RAYA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 2 AJIBARANG
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v9i2.248Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat agresivitas berkendaraan/agressive driving di jalan raya pada peserta didik (remaja) Sekolah Menengah Kejuruan/SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang. Data dikumpulkan menggunakan skala agresivitas berkendaraan/agressive driving sepeda motor berjumlah 54 item pernyataan. Skala agresifitas meliputi aspek fisikal 18 item, aspek gestural 18 item, dan aspek verbal 18 item. Analisis data menggunakan statistik deskriptif (prosentase) yaitu dengan menghitung jumlah responden dalam memilih setiap item. Deskripsi hasil penelitiannya adalah : semua peserta didik dalam berkendaraan sepeda motor melakukan agresi dengan kategori: 42 peserta didik atau 84% agresinya sedang, dan agresi tinggi maupun rendah imbang yaitu dilakukan oleh masing-masing 4 peserta didik atau 8%. Deskripsi dari masing-masing aspek agresifitasnya adalah untuk aspek fisikal, 8 peserta didik atau 16% agresinya tinggi, 35 atau 70% sedang dan 7 atau 14% rendah, aspek gestural 8 peserta didik atau 16% agresinya tinggi, 40 peserta didik atau 80% agresinya sedang dan 6 peserta didik atau 12% agresinya rendah, serta aspek verbal 7 peserta didik atau 14% agresinya tinggi, 40 peserta didik atau 80% agresinya sedang dan 3 peserta didik atau 6% agresinya rendah. Kata kunci: agresifitas, berkendaraan, sepeda motorReferences
Aji, A.P. (2009). Pengaruh tayangan motogp terhadap minat berkendaraan agresif pada remaja (Studi pada komunitas nonton bareng motogp di dealer lautan teduk yamaha Teluk Bentung). diakses pada tanggal 2 Februari 2010 dari http://skripsi.unila.ac.id
Anonim, (2002). Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Majelis Permustawaratan Rakyat. Sekretriat Jenderal MPR RI
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Auditya, D. S. (t.t). Solusi Agresifitas Mengemudi. diakses tanggal 2 Februari 2010 dari http://202.146.5.33/Kesehatan/News/0411/10/035406.Htm,
_______ (2002). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Ervinnurrahmah,S. (2002). Pengaruh Film Televisi Dragon Ball terhadap Agresi Anak. Diakses pada tanggal 31 Januari 2010 dari http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptumm-gdl-s1-2002--4896-agresi&q=Film.
Helmi, A. F dan Soedarjo. (1998). Beberapa Perspektif Perilaku Agresi. Buletin Psikologi. VI, (2). ISSN: 0854 – 7108
Hurlock, B. E. (1993). Psikologi perkembangan. suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Idrus, M. (2005). Metode Penelitian Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial (Dua Pendekatan Penelitian). Yogyakarta: Penerbit Universitas Islam Indonesia
Kunarto. (1995). Merenungi kritik terhadap polri. Jakarta: Cipta Manunggal.
Lulie Y dan Hatmoko, T. J. (2005). Perilaku agresif menyebabkan resiko kecelakaan di jalan raya. Jurnal Teknik Sipil. 6 (1). Oktober
Mashuri, A dan Zaduqisti, E. (2009). Dangerous driving, prediktor dan mediatornya. Jurnal Psycho Idea Th 7 (1). Fakultas Psikologi UMP. ISSN No. 1693 – 1076
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially