FAKTOR-FAKTOR PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG MENYUSUN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO TAHUN AKADEMIK 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v11i1.257Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2011/2012 terdiri atas dua kategori yaitu faktor prokrastinasi akademik primer yang terdiri dari: Anxiety, Time Disorganization, Poor Task Approach, Stress and Fatigue dan faktor prokrastinasi akademik sekunder yang terdiri dari: Low Discomfort Tolerance and Pleasure Seeking, Self-Depreciation, Environmental Disorganization dan Lack of Assertion. Kata Kunci : Faktor-faktor Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Tingkat Akhir, dan SkripsiReferences
Alsa, A., (2003). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya Dalam Peneletian Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar
Catrunada, L., dan Puspitawati, I., (2009). Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Sripsi berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. http://www.gunadarma.ac.id Diakses 3 Oktober 2011
Devina, S., (2010). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Prokrastinasi pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. http://www.gunadarma.ac.id. Diakses 24 Mei 2012
Ghufron, M. Nur., dan Risnawati, R. S. (2010), Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Gunawati, R.et. al., (2006). “Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswa–Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiwa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro”. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol.3 No. 2, Desember 2006. http://eprints.undip.ac.id Diakses 25 September 2011
Hadiwardoyo, P., “Profesi, Martabat, dan Perutusannya”. Basis no 01-02 Tahun ke-61, 2012.
Hall, C. S., dan Lindzey G. (1993). Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). (Terjemahan: Drs. Yustinus MSc). Yogyakarta: Kanisius
Rumiani., (2006). “Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa”. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol.3 No. 2, Desember 2006, http://www.ejournal.ac.id Diakses 04 April 2012.
Santrock, J.W., (2003). Adolescence, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors published in this journal agree to the following terms:
- The copyright of each article is retained by the author (s) without restrictions
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- The author grants the journal the first publication rights with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution License, allowing others to share the work with an acknowledgment of authorship and the initial publication in this journal.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to institutional repositories or publishing them in a book), with acknowledgment of their initial publication in this journal
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (For example in the Institutional Repository or on their website) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work
- Articles and all related material published are distributed under a Creative Commons Attribution-4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
License
Psycho Idea is licensed under a Creative Commons Attribution- 4.0 International Public License (CC - BY 4.0).
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially