STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG POLA KELEKATAN REMAJA DENGAN TEMAN SEBAYA PADA PESERTA DIDIK DI SLTP NEGERI 1 AYAH, KEBUMEN

Authors

  • Wuri Noro Gurnita Alumni Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Suwarti Suwarti Dosen Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v11i2.511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kelekatan remaja dengan teman sebaya di SLTP Negeri 1 Ayah. Subjek penelitian ini adalah siswa di SLTP Negeri 1 Ayah, Kebumen. Teknik pengambilan sampel dengan proportional stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola kelekatan. Uji reliabilitas dari skala Pola Kelekatan Remaja dengan Teman Sebaya dikatakan reliabel karena koefisien reliabilitasnya sebesar 0.887. Validitas pada skala pola kelekatan remaja dengan teman sebaya bergerak dari 0,011 sampai 0,606 dan mengguakan standar kevalidan dari Azwar (2008) yaitu 0,25. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif dengan cara melakukan prosentase dari masing-masing jawaban dari skala yang diisi oleh responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola kelekatan remaja dengan teman sebaya pada siswa SLTP Negeri 1 Ayah, Kebumen terbentuk antara remaja dengan teman sebaya maka pola kelekatan aman sebanyak 60 siswa dengan prosentase sebesar 54,55%, gaya kelekatan cemas sebanyak 26 siswa dengan prosentase sebesar 23,64%, dan gaya kelekatan menghindar sebanyak 24 siswa dengan prosentase sebesar 21,82%. Kata kunci : pola kelekatan, teman sebaya

References

Azwar S. (2007). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bretherton, I. (1992). The Originsof Attachment Theory: John Bowlby and Mary Ainsworth. Development Psychology,28,759-775. (online), (www.Psychology.sunysb.edu/attachment/online/inge_origins.pdf,diakses 04 maret 2011)

Cassidy, Jude, & Shaver, P.R (Eds.). (2002). Handbok of Attachment: Theory, Research, and Clinical Applications, (Online), (http://book.google.co.id, diakses 04 maret 2011)

Conger, J.J. (1991). Adolescence and youth (4th ed). New York: Harper Collins

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Alih bahasa: Istiwidayanti.,Soedjarwo.,Sijabar,R.M). Jakarta:Erlangga

Mutadin, Z., (2002). Penyesuaian Diri Remaja. www.e-psikologi.com. Diakses 15 April 2011

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, & R. D. (2008). Human Development (terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development. Jilid 2 (terjemahan Chusairi Achmad dan Damanik Judo). Jakarta: Erlangga.

. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja (terjemahan Adelar, S.B., dan Saragih, S). Jakarta: Erlangga

Yessy. (2003). Hubungan Pola Attachment dengan Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan pada Remaja. Jurnal Psikologi, Vol. 12, no. 2, 1-12.

Downloads

Published

2013-07-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA