DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO PELAKU PROKRASTINASI AKADEMIK

Authors

  • Anis Latifah Alumni Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Nur'aeni Nur'aeni Dosen Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v11i2.513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika psikologis mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pelaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui interview pada 8 orang informan penelitian, dengan rincian 4 orang informan primer dan 4 orang informan sekunder, analisis data menggunakan analisis data interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat informan memiliki dinamika yang berbeda-beda. Penundaan tugas yang terjadi karena mendahulukan organisasi, adanya rasa malas, dan menunda tugas yang tidak disukai. Keterlambatan dalam mengumpulkan tugas lebih menonjol pada lamanya mempersiapkan diri dalam mengerjakan tugas. Kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual terhadap tugas sering kali terjadi karena sering cuti kuliah, perencanaannya tidak tercatat sehingga banyak tugas yang tidak terlaksana, pergi keluar kota dan jarang mengikuti perkuliahan sehingga tidak dapat memenuhi tugas sampai batas waktu pengumpulan tugas yang telah ditentukan. Melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan yaitu browsing di internet, bermain game, jalan-jalan, cenderung aktif di organisasi, dan bekerja baik bekerja sesuai proyek dan bekerja diluar kota sehingga kesulitan membagi waktu. Kata Kunci : Dinamika psikologis, Prokrastinasi, Akademik

References

Annisa, dkk. (2010). Hubungan Kecanduan Chatting dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi Proyeksi ISSN: 1907-8455, Vol 5, Nomor 2, Oktober 2010

Bahtiyar, E.C. (2010). Relationship Among Perfectionism, Academic Procrastination and Life Satisfaction of University Studen. Journal Of Procedia Social and behavioral Sciences 5, 1665-1671

Djojodibroto, R. D. (2004). Tradisi Kehidupan Akademik. Yogyakarta: Galang Press. http://books.google.co.id// diakses Juli 2012

Ferrari, J.R, dkk. (1995). Procrasnation And Task Avoidance: Theory, Research And Treatment. New York: Plenum Press. http://books.google.co.in/books?id/ diakses Februari 2012

Ferrari, J.R, Tice, D.M. (2000). Procrastination As A Self-Handicap For Men And Women: A Task Avoidance Strategy In A Laboratory Setting. Journal Of Research In Personality, 34, 73-83

Ghufron, M Nur dan Rini R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Maria, F. WPS. (2009). Dinamika Proses Prokrastinasi Akademik Pada Penyusunan Skripsi. Ringkasan Skripsi. Tidak diterbitkan: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada

Priska, D. A. (2008). Prokrastinasi Pada Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma. http://paper.gunadarma.ac.id/prokrastinasipadamahasiswadalampenyelesaianskripsi.pdf diakses Februari 2012

Sugiyono. (2011). Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Yemima, H. (2009). Hubungan Asertivitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, http://eprints.undip.ac.id/10517/1/JURNAL.pdf diakses Januari 2013

Vensi dkk. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akadeimk dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Jurnal Anima Indonesian Psychological Journal Vol. 23 No. 3, 25

Downloads

Published

2013-07-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA