STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KELAS XI PAKET C SETARA SMA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) PURWOKERTO

Authors

  • Wahyu Nugroho Alumni Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Na'imah Dosen Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i1.520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi belajar di kelas XI Paket C Setara SMA Pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwokerto. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 57 warga belajar. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar yang terdiri dari 57 aitem. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis univariat yaitu untuk mendeskripsikan semua variabel penelitian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi yang dibantu dengan SPSS For Windows Realese 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar warga belajar secara keseluruhan dikategorikan sedang (56.14%). Kata kunci : Motivasi Belajar Warga Belajar

References

Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, 2010. Profil Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar, 2006. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Moekiyat. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardiman, 2003, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Muzaqi, M, 2004. Pengaruh Pendampingan Tutor Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar PKBM Taman Belajar Kecamatan Kenjeran Surabaya. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga, Surabaya.

Downloads

Published

2014-02-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA