KECERDASAN EMOSI PESERTA DIDIK PADA KELAS AKSELERASI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO

Authors

  • Dwi Hartoko Aji Alumni Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Retno Dwiyanti Dosen Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i1.521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kecerdasan emosi peserta didik pada kelas akselerasi 1 dan kelas akselerasi 2 di SMP Negeri 1 Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang. Pengumpulan data menggunakan skala Kecerdasan emosi. Hasil uji deskriptif menunjukkan dari 34 peserta didik, 32.4% mempunyai kecerdasan emosi tinggi, 50,0% mempunyai kecerdasan emosi sedang, 14,7% mempunyai kecerdasan emosi rendah dan 2,9% mempunyai kecerdasan emosi sangat rendah. Kata kunci : kecerdasan emosi, peserta didik, akselerasi

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2006, Undang-undang republik Indonesia nomer 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosional : Mengapa EI Lebih penting daripada IQ. Terjemahan: Hermaya, T. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

________. 2000. Kecerdasan Emosional : Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Terjemahan: Hermaya, T. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

________. 2005. Working with emotional intelligence: kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

________. 2007. Kecerdasan Emosional (Mengapa EL lebih penting daripada IQ). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nggermanto, A. 2002. Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum): Cara Cepat Melejitkan IQ, EQ dan SQ Secara Harmonis. Bandung: Penerbit Nuansa.

Downloads

Published

2014-02-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA