STUDI DESKRIPTIF TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PADA KANAK-KANAK PENYANDANG THALASSEMIA DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Titik Minggarwati Alumni Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Suwarti Suwarti Dosen Fakultas Psikologi – Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i1.522

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat motivasi belajar pada kanak-kanak penyandang thalassemia mayor di wilayah Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18 % anak penyandang thalassemia memiliki motivasi belajar tinggi, yaitu jika anak tersebut mampu mendapatkan pelajaran di sekolah dan berprestasi, 66 % memiliki motivasi belajar sedang, yaitu anak tersebut terkadang mampu mengikuti pelajaran d isekolah dan kadang mampu berprestasi, dan 16 % memiliki motivasi belajar rendah, ialah jika anak tersebut tidak mendapatkan pelajaran yang kurang sesuai di sekolahnya dan tidak berprestasi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Penyandang Thalassemia

References

Chairul,F.O. 2012. Motivasi Belajar Pada Anak-Anak Yang Berprofesi Sebagai Loper Koran Yang Bersekolah. Diakses 5 Maret 2012.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: C.V. Rajawali.

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. PT. Rieneke Cipta. Jakarta.

Hodijah & Retnaningsih. 2007. Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Orang Tua dan Anak Dengan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Penelitian Psikologi No.2 Volume 12 Desember 2007.

Raina D. S. 2008. Motivasi belajar anak jalanan di Rumah Singgah Dilts Foundation. http://bundaiza.wordpress.com.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Andi Offset. Yogyakarta.

Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. PT. Gramedia. Jakarta.

Downloads

Published

2014-02-01

Issue

Section

PSYCHOIDEA