Faktor - Faktor yang Memengaruhi Intensi Whistleblowing Calon Akuntan Professional : Survei Kepada Mahasiswa Akuntansi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Faiq Alwaini, Wuryaningsih Wuryaningsih

Abstract


ABSTRACT

This article aims to analyze attitude, subjective norms and self-esteem variables on accounting students' whistleblowing intentions. This observation used an online survey strategy with a sample of 100 students. This observation uses quantitative methods and is analyzed using paths (SEM-PLS). The consequences of this observation show that attitude factors have a significant influence on accounting students' whistleblowing intentions. Furthermore, the subjective norm factor has a positive but not significant influence on accounting students' whistleblowing intentions. Meanwhile, the self-esteem factor has no influence on accounting students' whistleblowing intentions.

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis variabel sikap (attitude), subyektif norms, dan harga diri (self esteem) terhadap niat whistleblowing mahasiswa akuntansi. observasi ini menggunakan strategi survei online dengan sampel 100 mahasiswa. observasi ini menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis menggunakan jalur (SEM-PLS). konsekuensi observasi ini menunjukan bahwa factor sikap memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi whistleblowing mahasiswa akuntansi. selanjutnya factor norma subjektif memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intensi whistleblowing mahasiswa akuntansi. Sementara factor self esteem tidak memiliki pengaruh terhadap intensi whistleblowing mahasiswa akuntansi.


References


Referensi

Abdullah, M. W., & Hasma, H. (2017). Determinan intensi auditor melakukan tindakan whistle-blowing dengan perlindungan hukum sebagai variabel moderasi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 1(3), 385–407.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Emadudiena, I. (2022). intensi whistleblowing di kalangan mahasiswa akuntansi. SKRIPSI. Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1977). Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1981). On construct validity: A critique of Miniard and Cohen’s paper. Journal of Experimental Social Psychology, 17(3), 340–350.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Isfandiary, W. (2019). Pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol prilaku terhadap niat whistleblowing dengan persepsi dukungan organisasi sebagai variabel pemoderasi (studi empiris pada mahasiswa akuntansi universitas islam Indonesia), Skripsi. Fakultas ekonomi universitas islam Indonesia yokyakarta.

Kawash, G. F., Kerr, E. N., & Clewes, J. L. (1985). Self-esteem in children as a function of perceived parental behavior. The Journal of Psychology, 119(3), 235–242.

Mande, H., & Anggraeni, R. N. (2022). Whistleblowing dan Isu di Indonesia : Suatu Tinjauan Literatur. Tangible Journal, 7(2), 100–107. https://doi.org/10.53654/tangible.v7i2.289

Novia, P., Ardianti, H., Made, I., Suardikha, S., & Dharma Suputra, I. D. G. (2015). pengaruh penganggaran partisipatif pada budgetary slack dengan asimetri informasi, self esteem, locus of control dan kapasitas individu sebagai variabel moderasi. E-Jurnal ekonomi dan Bisnis Universitas udayana 4.05(2015) : 296-311

Permatasari, P. D. (20022). intensi whistleblowing di kalangan mahasiswa feb: peran dukungan organisasi sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis universitas a dan fakultas ekonomi universitas b). Skripsi. Fakultas ekonomika dam bisnis universitas kristen satya wacana salatiga.

Pertama, W. A .G . I., & Anggiriawan, B. P. I.,(2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mendasari Perilaku Kecurangan Akademik. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika

Putu, N., Parianti, I., Suartana, W., Dewa, I., & Badera, N. (2016). faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku whistleblowing mahasiswa akuntansi (Vol. 5). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas udayana. 4209-4236

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16. https://doi.org/10.29210/120182133

Rosenberg, M. (1965). Rosenberg self-esteem scale. Journal of Religion and Health.

Sukirno, R. S. H., & Sutarmanto, H. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi intensi membeli produk wayang kulit pada masyarakat suku Jawa. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 12(24), 119–132.

Tuan Mansor, T. M., Mohamad Ariff, A., & Hashim, H. A. (2020). Whistleblowing by auditors: the role of professional commitment and independence commitment. Managerial Auditing Journal, 35(8), 1033–1055.

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (2023). Uin-Malang.Ac.Id. Retrieved May 2, 2023, from https://uin-malang.ac.id/s/uin/profil

Vallerand, R. J., Deshaies, P., Cuerrier, J. P., Pelletier, L. G., & Mongeau, C. (1992). Ajzen and Fishbein’s Theory of Reasoned Action as Applied to Moral Behavior: A Confirmatory Analysis. Journal of Personality and Social Psychology, 62(1), 98–109. https://doi.org/10.1037/0022-3514.62.1.98

Wuryaningsih & Dzulhasni, S. (2022). Intensi Whistleblowing Mahasiswa dan Profesional Akuntansi: Aplikasi Theory Planned of Behavior. E-Jurnal Akuntansi, https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v

Yulian Maulida, W., & Indah Bayunitri, B. (2021). The influence of whistleblowing system toward fraud prevention. International Journal of Financial, Accounting, and Management, 2(4), 275–294. https://doi.org/10.35912/ijfam.v2i4.177

Zakaria, M., Basirah, W. N., & Noor, W. M. (2016). Effects of Planned Behaviour on Whistle Blowing Intention: Evidence from Malaysian Police Department. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2016.24.07.22667


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ratio.v5i1.19722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2746-0061