PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI FAKULTAS HUKUM UNNES
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v12i1.136Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui efektifitas belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Hukum semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validitas data, sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis interaktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Adanya efektifitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata Kunci : jigsaw, pembelajaran kooperatif, prestasi belajarReferences
Edy Kurniawan, dkk. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Diperoleh 27 Maret 2014, dari http://elidrisy.blogspot.com/2013/10/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insani Madani.
Johnson dan Johnson. 2005. Cooperative Learning. Diperoleh 3 Maret 2014, dari http://www.cooperation.org/pages/Cl.html.
Permatasari, Dian. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statika Siswa Kelas X TGB Program Keahlian Bangunan SMK N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Skripsi.
Rohman, Agus. 2013. http://mahirbelajar.wordpress.com/2013/04/20/model-kooperatif-tipe-jigsaw/di akses diakses hari kamis, 6 Maret 2014.
Utami Munandar.(2005). Mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah (petunjuk bagi para guru dan orang tua). Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)