MENGUKUR KEPUASAN MAHASISWA BERDASARKAN KINERJA DOSEN DALAM PROSES PERKULIAHAN (Studi Empiris di Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Authors

  • Suyoto Suyoto
  • Agung Miftahudin

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i2.142

Abstract

Penelitian ini berjudul "Mengukur kepuasan mahasiswa berdasarkan kinerja dosen di kelas (Studi Empiris di Universitas Muhammadiyah Purwokerto)". Tujuan dari penelitian ini adalah "Keinginan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam hal keandalan, responsevenes, tangibles, empati dan jaminan berdasarkan kinerja perkuliahan di kelas dan ingin tahu proporsi kepuasan mahasiswa yang dihasilkan dari kinerja dosen di kelas ". Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam hal keandalan, responsivenes, tangibles, empati dan jaminan memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja kuliah di kelas. Proporsi kepuasan mahasiswa yang dihasilkan dari kinerja kuliah di kelas masing-masing variabel kepuasan reliability, responsiveness, tangibles, empathy dan jaminan yaitu berturut turut sebesar 44,4%, 71, 9%, 79,8%, 73,3% dan 79,8%. Kata kunci: Kinerja Dosen, Kepuasan Mahasiswa

References

Asad, Mohsin, 2003, Service Quality Assessment of Restaurants in Darwin, NT, Australia, Journal of Hospitality and Tourism Management.

-----------------. 2012. Buku Pamduan Akademik Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Bean dalam Gaspers. 2001, Customer Satisfacti on: Contrasting Academic and Consumer's Interpretation, Marketing Intelligence & Planning.

Engel, James F., Blakwell, Roger D., Miniard, Paul W. 2003. Consumer Behavior.Holt, Rinchant and Winston Inc.

Engel, James F., Blakwell, Roger D., Miniard, Paul W. 1995. Consumer Behavior. Holt, Rinchant and Winston Inc.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsisp Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ibrahim, Budi, 2000. TQM Panduan untuk Menghadapi Persaingan Global, cetakan kedua, Percetakan Karya Uni Press, Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation

and Control. 8 th edition. New Jersey : Prentice Hall

Oliver, Richard L., 1993. Cognitive, Affective, and attribute of the satisfaction response. Journal of Consumer Reseach. Vol 20, 418-430.

Surat keputusan rektor Nomor: A.12.II/357-S.Kep/UMP/XI/2004 tentang peraturan pelaksanaan sistem pendidikan program sarjana S1 dan diploma D3 di lingkungan UMP.

Said, Syahnur. 2002. Faktor –Faktor Strategis Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Indonesia. Disertasi tidak dipublikasikan, Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga, Surabaya.

Tjiptono, Fandy, 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi Offset

Tse, David K., and Wilton, Peter C. 1988. Models of Consumer Satisfaction Formations an Extention. Journal of Marketing Research. Vol XXV

Downloads

Published

2014-10-01