MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KESUGIHAN-CILACAP MELALUI PENGKAJIAN SYAIR LAGU
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v10i2.147Abstract
Kemampuan menulis narasi dirasa siswa SMP menjadi hal yang sulit. Kesulitannya yaitu: menentukan tema, memulai menulis, dan merangkai kata-kata. Penelitian ini dilakukan melalui pengkajian syair lagu remaja bertemakan cinta yang dapat membantu imajinasi siswa untuk menentukan tema, memulai menulis, dan merangkai kata-kata. Dari hasil penelitian pada siklus I, peningkatan kemampuan siswa terkait penentuan tema rata-rata memiliki skor 60,61, kemampuan menulis 66,67, dan dalam kemampuan merangkai kata-kata berskor 57,58 dengan peningkatan skor dari kondisi awal 15,2%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dari siklus I. Dari aspek penentuan tema rata-rata memiliki skor 66,67, menulis 69,70, dan merangkai kata-kata menjadi berskor 63,64. Hal ini mengalami peningkatan rata-rata 7,8%. Hasil analisis kondisi siswa pada siklus I menunjukkan keaktifan dan perhatian siswa pada kategori baik dengan skor 4, sedangkan daya tarik metode pembelajaran yang digunakan guru kategori cukup baik dengan skor 3. Dari analisis kondisi siswa pada siklus II dalam kegiatan pembelajaran menunjukkan keaktifan dan perhatian siswa pada kategori sangat baik dengan skor 5, sedangkan daya tarik metode pembelajaran yang digunakan guru kategori cukup baik dengan skor 4. Dengan demikian pembelajaran menulis narasi melalu pengkajian syair lagu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi, keaktifan dan perhatian siswa SMP. Kata kunci : menulis narasi, lirik lagu, cinta remajaReferences
Akhadiah, dkk. 1986. Menulis II. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Burhanudin. 2008. Pembelajaran Teks Naratif. Artikel Pendidikan Network. online
Hikmawan, Rusydi. 2007. Meningkatkan Keterampilan Menulis Sastra Gaya Naratif Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. http://menapaki.blogspot.com/2007/10/meningkatkan-ketrampilan-menulis. html. online
Keraf, Gorys. 1989. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)