EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPA SMA N 1 BUMIAYU
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v10i2.149Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPA semester 2 SMA N 1 Bumiayu tahun pelajaran 2012/2013, menganalisis pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar sejarah kelas XI IPA semester 2 SMA N 1 Bumiayu tahun pelajaran 2012/2013, menganalisis respon siswa dan guru tentang model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Bumiayu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu 1) Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 4,4340071 > t tabel 1,668271, yang berarti H1 diterima. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, 2) Pada kelas eksperimen persamaan regresinya adalah Y = 2.88 + 1.49X . Pada uji kelinieran garis regresi didapatkan F hitung ¬sebesar -0,71 dan F ¬tabel sebesar 2,37, hal ini berarti persamaan regresi linier yang diajukan diterima, artinya hubungan antara keaktifan belajar dan hasil belajar adalah linier, 3) Pada kelas kontrol persamaan regresinya adalah Y= -26.45 + 2.35X . Pada uji kelinieran garis regresi didapatkan F hitung ¬sebesar 0,58 dan F ¬tabel sebesar 2,28, hal ini berarti persamaan regresi linier yang diajukan diterima, artinya hubungan antara keaktifan belajar dan hasil belajar adalah linier, 4) Hasil analisis terhadap respon siswa dan guru terhadap model pembelajaran kooperatif Think Pair Share menunjukkan respon siswa dan guru secara umum baik.Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan, 1)Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, 2)Keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar. 3)Respon siswa dan guru tentang model pembelajaran kooperatif Think Pair Share adalah baik. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif Think Pair Share, keaktifan belajar siswa, respon guru dan siswaReferences
Abdul jabar, Musa. 2012. “Pengertian efektivitas.”http://musa-abdul-jabbar.blogspot.com/2012/04/pengertian-efektivitas.html). (diakses 10 Oktober 2012)
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta ; PT Rineka Cipta
Arina, Nur Baiti .2011.“Pengaruh Keaktifan Mengerjakan Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus di SMP NU Karangdadap)
Azwar, Saifuddin. 2012. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Belalangtue, 2010, “Uji Linear Regresi”. (diunduh 12 Desember 2012)
Dansite.2009.â€Pengertian efektifitasâ€.http://dansite.wordpress.com/2009/03/28/pengertian-efektifitas/.(diunduh 10 Oktober 2012)
Eison, James .2012.Active Learning In Lecture Based-Classes. Presented at the 12 th Annual Enhancing the Teaching Psychology Conference UW-La Crosse, May 16, 2012.
Felder, Richard M and Brent Rebbeca.2008. Active and Cooperative Learning. Departement of Chemical Engineering North Carolina State University. April 10, 2008.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Huda, Miftahul. 2011. CooperativeLearning, Metode, Teknik, Struktur dan ModelPenerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Kitaoka, Hiyasa. 2013. Teaching Methode that Help Economics Students tobe Effective Problem Solvers. Internastional Journal of Arts and Commerce, Vol 2, No 1, January 2013
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Ni’mah, Evi Masluhatun .2007. Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair-Share dalam Mata Pelajaran Sejarah pada Siswa kelas X SMA N 3Semarang. Tesis. Universitas Negeri Semarang. Tidak diterbitkan.
Pratamasandra.2011.â€Pengertian Responâ€.Pratamasandra.wordpress.com/2011/05/11/pengertian-respon. (diunduh 9 februari 2013)
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar SiswaAktif. Bandung : Penerbit Nusamedia.
Subana; Rahadi Moersetyo; Sudrajat. 2000.Statistik Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Taniredja Tukiran; Miftah Faridli Efi; Hermianto Sri. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Penbelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)