Sistem Antrian Generik Menggunakan Model Single Channel Single Phase

Yulrio Brianorman, Sucipto Sucipto

Abstract


Kebutuhan terhadap sistem antrian pada saat ini menjadi hal yang dinilai penting. Studi literatur yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem antrian yang dikembangkan bersifat spesifik untuk satu proses atau instansi tertentu saja. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan sistem antrian yang dapat digunakan oleh siapapun dengan struktur antrian single-channel single-phase. Metodologi penelitian menggunakan design science research. Rancangan sistem antrian telah dibangun menjadi sebuah aplikasi berbasis website dengan nama tabarun.com. Kelebihan dari sistem ini yang juga menjadi kontribusi dalam penelitian adalah sistem antrian ini dapat digunakan oleh siapapun, antar pengguna sistem dapat menjadi follower/following dengan pengguna lainnya. Evaluasi pada sistem ini telah dilakukan black box yang memberikan hasil pengujian valid pada semua proses pengujian yang dilakukan. Selain itu juga dilakukan user acceptance test pada aspek aksesibilitas, aspek fungsional, dan aspek komunikasi visual. Secara keseluruhan, hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem telah  diterima dengan baik oleh pengguna.

Keywords


Sistem Antrian; Sistem Informasi; Single Channel; Single Phase

References


Chandra, C., Sanjaya, D., Narabel, J., Vilano, N., Budi, S., (2020) ‘Aplikasi Mobile untuk Sistem Antrian Praktek Dokter Dilengkapi dengan Analisis Perhitungan Estimasi Waktu Menggunakan Markov Chain dan Algoritma PageRank’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 5(3), pp. 406–414. Available at: https://doi.org/10.28932/jutisi.v5i3.1990.

Junirianto, E. and Fadhliana, N.R. (2019) ‘Pengembangan Aplikasi Antrian Online Realtime Samarinda’, Sebatik, 23(2), pp. 513–516. Available at: https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.807.

Junirianto, E. and Wita, D.S. (2020) ‘Pengembangan Aplikasi Antrian Online MAL Pelayanan Publik Samarinda’, Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 15(2), p. 127. Available at: https://doi.org/10.30872/jim.v15i2.3117.

Mango, A.S. and Manongga, D. (2017) ‘Sistem Antrian Online PT. Bank Negara Indonesia TBK Kantor Cabang Parigi’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(2), pp. 217–230. Available at: https://doi.org/10.28932/jutisi.v3i2.583.

Melyanti, R. et al. (2020) ‘Rancang Bangun Sistem Antrian Online Kunjungan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Syafira Berbasis Web’, INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1676.

Nabyla, F. and Sigitta, R.C. (2019) ‘Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Rumah Sakit’, JOINS (Journal of Information System), 4(2), pp. 168–177. Available at: https://doi.org/10.33633/joins.v4i2.3078.

Peffers, K. et al. (2007) ‘A Design Science Research Methodology for Information Systems Research, Journal of Management Information Systems, 24(3), pp. 45–77. Available at: https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222240302.

Pratiwi, A., Ripanti, E.F. and Sukamto, A.S. (2020) ‘Model Antrian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit (Studi Kasus di RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie Pontianak)’, Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 6(2), p. 267. Available at: https://doi.org/10.26418/jp.v6i2.41466.

Rachmat, N. and Komputer, T. (2018) ‘Perancangan dan Implementasi Aplikasi Pengambilan dan Pemanggilan Antrian SAMSAT Berbasis Web’, Jurnal Ilmiah Komputasi, 17(2). Available at: https://doi.org/10.32409/jikstik.17.2.2371.

Setiyani, L. and Rachmawati, R. (2021) ‘Pemodelan Business Process Improvement Aplikasi Antrian Pengambilan STNK (Studi Kasus : Kantor Kejaksaan Karawang)’, JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 11(2), p. 1. Available at: https://doi.org/10.24853/justit.11.2.1-7.

Simarmata, J.P., Sunoto, A. and Hendrawan, H. (2020) ‘Perancangan Aplikasi Antrian Pada Puskesmas Paal Lima Kota Jambi’, Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 14(1), p. 14. Available at: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.1.712.

Sudarsa, Y. et al. (2021) ‘Sistem Antrian Pelayanan Desa Sariwangi Secara On Line’, Jurnal DIFUSI, 4(1), p. 10. Available at: https://doi.org/10.35313/difusi.v4i1.2629.

Susilowati, D.F. and Asmunin (2020) ‘Rancang Bangun Aplikasi Antrian Pendaftaran Realtime Pelayanan Kesehatan Rsud Caruban Berbasis Web Laravel’, Jurnal Manajemen Informatika, 11(01), pp. 96–106. Available at: https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Wibowo, S.A. et al. (2020) ‘Penerapan Aplikasi Antrian Pasien Menggunakan Metode Weighted Product Pada Lingkungan Klinik’, Jurnal Mnemonic, 3(1), pp. 11–16. Available at: https://doi.org/10.36040/mnemonic.v3i1.2358.

Zulfikar, R.A. and Supianto, A.A. (2018) ‘Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile’, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), p. 361. Available at: https://doi.org/10.25126/jtiik.201853891.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v19i2.15143

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2686-0546