PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, IKLIM SEKOLAH, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP DI KOMWIL 02 KABUPATEN TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i1.199Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi untuk berprestasi, iklim sekolah, dan kepuasan kerja secara parsial terhadap kinerja guru SMP di komwil 02 Kabupaten Tegal dan untuk menganalisis faktor terbesar di antara motivasi berprestasi iklim sekolah , dan kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan survey dengan Proporsional Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi untuk berprestasi, iklim sekolah, dan kepuasan kerja secara parsial memberikan efek positif terhadap kinerja guru SMP di Komwil 02 Kabupaten Tegal, dan motivasi untuk berprestasi memberikan efect terbesar terhadap kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa motivasi guru untuk berprestasi harus ditingkatka. Iklim sekolah harus lebih kondusif dan kepuasan kerja harus diciptakan . Kata kunci : Motivasi untuk berprestasi, iklim sekolah , kepuasan kerja , guruReferences
As’ad, Moh. 2003. Psikologi Industri, Yogjakarta : Liberty
Carudin, 2011, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Edisi Khusus No 2, Agustus 2011
Damaragung, Priotomo 2010. Pengaruh, Kepuasan Kerja, dan Stress Kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas. Tesis. Purwokerto : Program Pasca Sarjana Universita Jenderal Sudirman Purwokerto.
Davis, Keith dan John W. Newstrom. 2000. Perilaku dalam Organisasi. Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.
Djumadi. 2006. Pengaruh Kondisi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lembaga Pendidikan Nonformal di Jawa Timur. Jurnal eksekutif, Volume 4, Nomor 3, Desember 2006. http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/ Search.html?act=tampil&id=648&idc=28
Fakhrudin, Asep Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta : Diva Pres
Ghofur, Abdul. 2011. Kinerja Guru Bersertifikat Menurun. Lampungpost.Com. http://www.lampungpost.com/
Gibson, Ivan Cevick dan Donelly, 1989, Organisasi dan Manajemen, Prilaku, Struktur dan Proses, Jakarta : Erlangga
Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta : UPP YKPN.
Noija, Hana. 2010. Hubungan Iklim sekolah, Kompensasi Kerja dan Komitmen dengan Kinerja Guru SD Kota Ambon. Tesis. Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM, 2010. http://karya ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/ view/9551
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara
Robbins, P. Stephen. 1996. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan Aplikasi, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I. Jakarta : PT. Prenhallindo.
Sacawisastra , Krisiandi. 2010. Guru Sertifikasi Harus Diawasi. http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/362733/
Suara Merdeka. 2011. Kinerja Lemah, Tunjangan Profesi Ditunda. http://suara merdeka. com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/26/160474/
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta : Andi
Swasto, Bambang, 1996. Pengembangan Sumber Daya Manusia; Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Imbalan, Malang : Universitas Brawijaya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.. Jakarta : Az Zahra Book’s 8
Watimena, Abubakar.2007. Pengaruh Motivasi, Perilaku Pemimpin, dan Kesempatan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Biak Papua. Jurnal eksekutif, Volume 4, Nomor 3, Desember 2007. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil &id=975&idc=28
Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)