PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROB-PRO-BL TERHADAP JIWA WIRAUSAHA SISWA SMK MELALUI PRODUKSI EKSTERIOR

Authors

  • Ristiana Dyah Purwandari

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i1.201

Abstract

Tujuan penelitian menganalisis pengaruh model pembelajaran Prob-ProBL terhadap jiwa wirausaha siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto melalui kegiatan produksi eksterior. Fokus penelitian adalah faktor yang mendasari model pembelajaran berbasis Prob-ProBL (Problem Based Learning dan Project Based Learning), dan profil implementasi model pembelajaran Prob-ProBL terhadap jiwa wirausaha. Subyek penelitian adalah siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto kelas X bidang keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton tahun 2011/2012. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, penulisan dilakukan dengan data primer berdasarkan angket skala Likert dan wawancara tertulis yang disajikan dalam bentuk tabel dan paparan deskriptif yang diikuti 20 siswa (n = 20). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Prob-ProBL melalui kegiatan observasi bahan galian, mengukur dan menentukan berat jenis bahan, mengukur dan menentukan volume rongga beton, menghitung dan menentukan perbandingan campuran beton non pasir (no-fines concrete), dan produksi eksterior berbahan agregat Sungai Logawa berupa kerikil kerisik dan tengu dapat mempengaruhi jiwa wirausaha. Jiwa wirausaha yang diukur dalam penelitian ini meliputi: pengetahuan kewirausahaan, sikap individu siswa, norma sosial yang mendukung, efikasi diri siswa dan intensi kewirausahaan. Sebelum ujicoba perlakuan model Prob-ProBL menunjukkan persentasi sebesar 82,29%, 74,86%, 62,8%, 76,60% dan 75%. Sedangkan setelah ujicoba perlakuan model Prob-ProBL menunjukkan persentasi sebesar 81,34%, 72,88%, 67%, 69,04%, 70,83%. Model pembelajaran Prob-ProBL dapat memberikan pengetahuan kewirausahaan serta mempengaruhi jiwa wirausaha siswa melalui permasalahan nyata di lapangan, yang dilanjutkan dengan proyek membuat eksterior beton tempel dinding menggunakan teknologi no-fines concrete. Model ini juga memberikan semangat dan dorongan untuk berwirausaha pada siswa sebesar 76,19%. Kata kunci: Model pembelajaran Prob-ProBL, jiwa wirausaha, produksi eksterior beton non pasir, agregat Sungai Logawa.

References

Anonim. “Potensi Pertambangan Kabupaten Banyumas”, 2008, Dinas Sumber daya Air Pertambangan dan Energi, Kabupaten Banyumas.

Nader, G. 1995, Building and Nonpavement Applications of No-Fines

Concrete, Journal of Materials in Civil Engineering, Vol. 7, No. 4, November 1995, pp. 286-289.

Luck, Joe, 2007, Effects of Pervious Concrete on Potential Environmental Impacts from Animal, Department of Biosystems and Agricultural Engineering,University of Kentucky, Lexington, Dissertations, Kentucky, 61 p.

Ristiana, D.P.,. 2008, “Pembuatan Kerajinan Dari Beton Ringan Dengan Memanfaatkan Kerikil Jenis Krisik untuk Para Penambang Pasir Alam di Kecamatan Karanglewas, Banyumas”, Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, 2008. Dana KOPERTIS WILAYAH VI, Jawa Tengah.

Ristiana, D.P., 2009, “Pengembangan Teknologi Pembuatan Bata Beton Ringan Non Pasir Dengan Memanfaatkan Limbah Abu Sekam Padi dan Kerikil Krisik Digunakan Sebagai Pasangan Dinding Peredam Bunyi dan Isolasi Suhu”, Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I, DIKTI.

Ristiana, D.P., 2009, “Pengembangan Keterampilan Membuat Eksterior Dari Beton Ringan Untuk Meningkatkan Pendapatan Bagi Penambang Pasir Alam Di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas”, Laporan IPTEKS, DIKTI.

Ristiana, 2011 “Kelompok PenambangPasir di Sepanjang Sungai Logawa Banyumas”, LAPORAN Iptek Bagi Masyarakat, DIKTI.

Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran, mengembangkan Profesional Guru, Rajawali Pers, Jakarta.

Sudarmiatin, 2009, Entrepreneurship dan Metode Pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 14, Nomor 2 Juli 2009, ISSN 0853-7283.

Tjokrodimuljo, K., 1996, “Teknologi Beton”, Buku Ajar, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UGM, Yogyakarta.

Downloads

Published

2014-03-01