PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROB-PRO-BL TERHADAP JIWA WIRAUSAHA SISWA SMK MELALUI PRODUKSI EKSTERIOR
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v11i1.201Abstract
Tujuan penelitian menganalisis pengaruh model pembelajaran Prob-ProBL terhadap jiwa wirausaha siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto melalui kegiatan produksi eksterior. Fokus penelitian adalah faktor yang mendasari model pembelajaran berbasis Prob-ProBL (Problem Based Learning dan Project Based Learning), dan profil implementasi model pembelajaran Prob-ProBL terhadap jiwa wirausaha. Subyek penelitian adalah siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto kelas X bidang keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton tahun 2011/2012. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, penulisan dilakukan dengan data primer berdasarkan angket skala Likert dan wawancara tertulis yang disajikan dalam bentuk tabel dan paparan deskriptif yang diikuti 20 siswa (n = 20). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Prob-ProBL melalui kegiatan observasi bahan galian, mengukur dan menentukan berat jenis bahan, mengukur dan menentukan volume rongga beton, menghitung dan menentukan perbandingan campuran beton non pasir (no-fines concrete), dan produksi eksterior berbahan agregat Sungai Logawa berupa kerikil kerisik dan tengu dapat mempengaruhi jiwa wirausaha. Jiwa wirausaha yang diukur dalam penelitian ini meliputi: pengetahuan kewirausahaan, sikap individu siswa, norma sosial yang mendukung, efikasi diri siswa dan intensi kewirausahaan. Sebelum ujicoba perlakuan model Prob-ProBL menunjukkan persentasi sebesar 82,29%, 74,86%, 62,8%, 76,60% dan 75%. Sedangkan setelah ujicoba perlakuan model Prob-ProBL menunjukkan persentasi sebesar 81,34%, 72,88%, 67%, 69,04%, 70,83%. Model pembelajaran Prob-ProBL dapat memberikan pengetahuan kewirausahaan serta mempengaruhi jiwa wirausaha siswa melalui permasalahan nyata di lapangan, yang dilanjutkan dengan proyek membuat eksterior beton tempel dinding menggunakan teknologi no-fines concrete. Model ini juga memberikan semangat dan dorongan untuk berwirausaha pada siswa sebesar 76,19%. Kata kunci: Model pembelajaran Prob-ProBL, jiwa wirausaha, produksi eksterior beton non pasir, agregat Sungai Logawa.References
Anonim. “Potensi Pertambangan Kabupaten Banyumas”, 2008, Dinas Sumber daya Air Pertambangan dan Energi, Kabupaten Banyumas.
Nader, G. 1995, Building and Nonpavement Applications of No-Fines
Concrete, Journal of Materials in Civil Engineering, Vol. 7, No. 4, November 1995, pp. 286-289.
Luck, Joe, 2007, Effects of Pervious Concrete on Potential Environmental Impacts from Animal, Department of Biosystems and Agricultural Engineering,University of Kentucky, Lexington, Dissertations, Kentucky, 61 p.
Ristiana, D.P.,. 2008, “Pembuatan Kerajinan Dari Beton Ringan Dengan Memanfaatkan Kerikil Jenis Krisik untuk Para Penambang Pasir Alam di Kecamatan Karanglewas, Banyumas”, Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, 2008. Dana KOPERTIS WILAYAH VI, Jawa Tengah.
Ristiana, D.P., 2009, “Pengembangan Teknologi Pembuatan Bata Beton Ringan Non Pasir Dengan Memanfaatkan Limbah Abu Sekam Padi dan Kerikil Krisik Digunakan Sebagai Pasangan Dinding Peredam Bunyi dan Isolasi Suhu”, Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I, DIKTI.
Ristiana, D.P., 2009, “Pengembangan Keterampilan Membuat Eksterior Dari Beton Ringan Untuk Meningkatkan Pendapatan Bagi Penambang Pasir Alam Di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas”, Laporan IPTEKS, DIKTI.
Ristiana, 2011 “Kelompok PenambangPasir di Sepanjang Sungai Logawa Banyumas”, LAPORAN Iptek Bagi Masyarakat, DIKTI.
Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran, mengembangkan Profesional Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
Sudarmiatin, 2009, Entrepreneurship dan Metode Pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 14, Nomor 2 Juli 2009, ISSN 0853-7283.
Tjokrodimuljo, K., 1996, “Teknologi Beton”, Buku Ajar, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UGM, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)