Prediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Faktor Internal dan Eksternal Menggunakan Jaringan Backpropagation dengan Klasifikasi Fuzzy

Muftikhah Muftikhah, Hindayati Mustafidah

Abstract


Prestasi belajar mahasiswa dapat dilihat berdasarkan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK). Indeks prestasi memiliki kategori yang menunjukkan kualitas pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa. Kategori IPK meliputi jelek, cukup, baik, baik sekali, dan memuaskan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal seperti motivasi belajar, disiplin belajar, dan kemandirian belajar, dan faktor eksternal seperti lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi prestasi belajar mahasiswa berdasarkan faktor internal dan eksternal menggunakan metodologi jaringan syaraf tiruan (JST) yang dikombinasikan dengan logika fuzzy. Pengategorian prestasi belajar maupun faktor yang memengaruhinya dilakukan menggunakan metode klasifikasi fuzzy dengan pelatihan yang dilakukan oleh JST menggunakan jaringan backpropagation. Sumber data yang digunakan yaitu berupa data angket yang diberikan kepada mahasiswa program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang dikombinasikan dengan data dokumentasi dari bagian akademik di Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto. JST melakukan pelatihan pada data faktor internal dan eksternal terhadap data target berupa IPK untuk mendapatkan pola output. Data penelitian dibagi menjadi data latih dan data uji dengan rasio 80%:20%. Hasil pengujian terhadap model yang dihasilkan oleh jaringan, diperoleh nilai error sebesar 6,504 x 10-6 dan nilai korelasi mendekati 1 (R≈1), sehingga dapat disimpulkan bahwa pola output yang terbentuk memiliki kesalahan yang sangat kecil dan memiliki korelasi yang sangat erat antara prestasi belajar dengan faktor-faktor yang memengaruhinya. Dengan demikian, model berbasis jaringan syaraf fuzzy yang dibangun dapat digunakan untuk menmprediksi prestasi belajar mahasiswa berdasarkan faktor motivasi belajar, disiplin belajar, kemandirian belajar, dan lingkungan belajar.


Keywords


klasifikasi fuzzy; backpropagation; prestasi belajar; faktor internal; faktor eksternal

References


Alshanqiti, A., & Namoun, A. (2020). Predicting student performance and its influential factors using hybrid regression and multi-label classification. Ieee Access, 8, 203827–203844. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3036572

Chaerani, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Implikasinya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 5(1), 31–40.

Fitri, M. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Panca Budi Medan Tahun Ajaran 2017/2018. University of Medan.

Janitra, M. (2021, June 17). Penjelasan Lengkap Tentang IPK dan Cara Menghitungnya. Https://Www.Quipper.Com/Id/Blog/Quipper-Campus/Campus-Life/n-Cara-Menghitung-Ipk/.

Kasabov, N., & Kasabov, N. (2003). Evolving Neuro-Fuzzy Inference Systems. Evolving Connectionist Systems: Methods and Applications in Bioinformatics, Brain Study and Intelligent Machines, 99–123.

Kusumadewi, S., & Hartati, S. (2006). Neuro-Fuzzy : Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf. Graha Ilmu.

Mustafidah, H., & Hartati, S. (2009). Klasifikasi Fuzzy Menggunakan Jaringan Backpropagation (Studi Kasus Prediksi Prestasi Mahasiswa Berdasarkan Nem, Kedisiplinan, Dan Motivasi). Prosiding Seminar Internasional Hasil-Hasil Penelitian, 1–16.

Parmanda, R. (2020). Penerapan Fuzzy Backpropagation dalam Mendiagnosa Penyakit Kejiwaan Skizofrenia. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rahayu, F. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Fitri Rahayu. STKI PGRI Tulungagung.

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v21i1.21590

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2686-0546