Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Analisis Sentimen terhadap Mobil Listrik

Authors

  • Muhammad Febri Yulianto Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
  • Fida Maisa Hana Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia
  • Agung Prihandono Universitas Muhammadiyah Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v22i1.26036

Keywords:

Analisis sentimen, Naive Bayes, mobil listrik, Youtube

Abstract

Dalam era kemajuan teknologi yang pesat, mobil listrik menjadi inovasi utama dalam industri otomotif. Namun, analisis sentimen menunjukkan adanya tantangan, terutama kurangnya pemahaman masyarakat tentang mobil listrik, yang berdampak pada persepsi negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap mobil listrik di Indonesia melalui konten YouTube, dengan menggunakan algoritma Naive Bayes. Metode Knowledge Discovery in Databases (KDD) digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis opini masyarakat. Evaluasi model menggunakan Confusion Matrix menunjukkan peningkatan signifikan setelah penerapan teknik SMOTE Upsampling, meningkatkan akurasi dari 50,70% menjadi 78,16%.Analisis kelas menunjukkan peningkatan pada true positive, true negative, dan true neutral. Meskipun algoritma Naive Bayes menghasilkan akurasi 78,16%, presisi 71,43%, dan recall 57,97%, penelitian ini memiliki keterbatasan dan disarankan untuk membandingkan algoritma klasifikasi lain, memperluas dataset, serta menguji kombinasi algoritma yang lebih luas. Rekomendasi juga mencakup penerapan hasil penelitian ke dalam mesin klasifikasi dengan pengujian lebih lanjut. Studi ini memberikan wawasan untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan mobil listrik di masyarakat Indonesia.

References

Alfarizi, S., & Fitriani, E. (2023). Analisis Sentimen Kendaraan Listrik Menggunakan Algoritma Naive Bayes dengan Seleksi Fitur Information Gain dan Particle Swarm Optimization. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 19–27. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

Caswadi, Dienwati, N., Dwilestari, G., Fathurrohman, & Tohidi, E. (2023). Penerapan Algoritma Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor untuk Analisis Sentimen Youtube Mengenai Intensif Mobil Listrik. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3851–3857.

Fahrezy, D. C., & Utomo, F. S. (2024). Analisis Sentimen Opini Publik Tentang Kendaraan Listrik di Indonesia. 1(2), 127–139.

Hadiwinata, L. N., Murtiningsih, B. S. E., & Berto, A. R. (2023). Analisis Teks Dan Jaringan Promosi Media Sosial Youtube Mobil Listrik Ioniq 5 Menggunakan Metode Sna. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 7(1), 1. https://doi.org/10.24853/pk.7.1.1-18

Huzna, A. N., Nurhayati, I., Saputri, A. E., Qomarul Huda, M., Informasi, S., Sains, F., Teknologi, D., Syarif, U., & Jakarta, H. (2024). Analisis Sentimen Terhadap Mobil Listrik Di Indonesia Pada Twitter: Penerapan Naïve Bayes Classifier Untuk Memahami Opini Publik. Just IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 14(2), 80–149. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

Karimah, A., Dwilestari, G., & Mulyawan. (2024). Analisis Sentimen Komentar Video Mobil Listrik di Platform Youtube dengan Metode Naive Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 767–773.

Ningsih, W., Alfianda, B., Rahmaddeni, R., & Wulandari, D. (2024). Perbandingan Algoritma SVM dan Naïve Bayes dalam Analisis Sentimen Twitter pada Penggunaan Mobil Listrik di Indonesia. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 4(2), 556–562. https://doi.org/10.57152/malcom.v4i2.1253

Rahmat Bachtiar, D., Rosyid, H. A., & Nabila, K. (2022). Pengaruh Perkembangan Kendaraan Listrik Terhadap Industri Otomotif Pada Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 2(6), 277–281. https://doi.org/10.17977/um068v1i62022p277-281

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles