Hubungan antara Penerapan Pembelajaran BCCT dengan Motivasi Belajar Anak pada Peserta Didik di TB Qita Desa Pamijen Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v14i1.4193Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penerapan pembelajaran BCCT dengan motivasi belajar anak di TB QITA Desa Pamijen Sokaraja, Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian ini berjumlah 35 kelas A dan kelas B di TB QITA Pamijen Sokaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan dengan teknik korelasional. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dengan lima alternatif jawaban. Validitas diuji dengan rumus produk moment pearson dan reabilitas dengan rumus alpha croambach. Dari hasil uji validitas, diperoleh koefisien validitas pada angket motivasi belajar bergerak dari 0,650 sampai 0,834 dengan Rtabel 0,632, sedangkan angket pembelajaran BCCT bergerak dari 0,671 sampai 0,909 dengan Rtabel 0,632. Hasil uji reabilitas angket motivasi belajar yaitu 0,908 dan angket pembelajaran BCCT yaitu 0,972. Analisis yang digunakan menggunakan rumus korelasi product moment pearson. Hasil penelitian yang sudah dilakukan pada hubungan pembelajaran BCCT dengan motivasi belajar pada peserta didik di TB QITA dengan taraf signifikansi 0,005 maka hipotesis diterima yaitu menunjukkan bahwa besar nilai korelasi yang dihasilkan dalam penelitian ini sebesar 0,655 > dari Rtabel sebesar 0,334 sehingga memenuhi syarat diterimanya hipotesis. Dengan kata lain penelitian ini ada hubungan antara penerapan pembelajaran bcct dengan motivasi belajar anak peserta didik kelas A dan B di TB QITA Pamijen Sokaraja.
 Kata kunci: Pembelajaran BCCT, Motivasi belajar
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)