Hubungan antara Penerapan Pembelajaran BCCT dengan Motivasi Belajar Anak pada Peserta Didik di TB Qita Desa Pamijen Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016

Authors

  • Evi Setiyarini Program Studi Pendidikan Usia Dini - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yuki Widiasari Program Studi Pendidikan Usia Dini - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Daliman Daliman Program Studi Pendidikan Usia Dini - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v14i1.4193

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penerapan pembelajaran BCCT dengan motivasi belajar anak di TB QITA Desa Pamijen Sokaraja, Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian ini berjumlah 35 kelas A dan kelas B di TB QITA Pamijen Sokaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan dengan teknik  korelasional. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dengan lima alternatif jawaban. Validitas diuji dengan rumus produk moment pearson dan reabilitas dengan rumus alpha croambach. Dari hasil uji validitas, diperoleh koefisien validitas pada angket motivasi belajar bergerak dari 0,650 sampai 0,834 dengan Rtabel 0,632, sedangkan angket pembelajaran BCCT bergerak dari 0,671 sampai 0,909 dengan Rtabel 0,632. Hasil uji reabilitas angket motivasi belajar yaitu 0,908 dan  angket pembelajaran BCCT yaitu 0,972. Analisis yang digunakan menggunakan rumus korelasi product moment pearson. Hasil penelitian yang sudah dilakukan pada hubungan pembelajaran BCCT dengan motivasi belajar pada peserta didik di TB QITA dengan taraf signifikansi 0,005 maka hipotesis diterima yaitu menunjukkan bahwa besar nilai korelasi yang dihasilkan dalam penelitian ini sebesar 0,655 > dari Rtabel sebesar 0,334 sehingga memenuhi syarat diterimanya hipotesis. Dengan kata lain penelitian ini ada hubungan antara penerapan pembelajaran bcct dengan motivasi belajar anak peserta didik kelas A dan B di TB QITA Pamijen Sokaraja.

 Kata kunci: Pembelajaran BCCT, Motivasi belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-03-29