Analisis Perbandingan Pola Pemasangan Arrester pada Jaringan Distribusi 20 kV PT. PLN Area Cilacap

Agus Wardoyo, M.Taufiq Tamam, Dian Nova Kusuma Hardani

Abstract


Pemasangan Arrester pada tiang beton jaringan distribusi listrik merupakan hal penting dalam meredam gangguan sambaran petir. Terdapat dua pola pemasangan Arrester yang digunakan untuk proses peredaman ini. Pola pemasangan dengan tiga Arrester pada satu tiang beton dan pola pemasangan satu Arrester pada satu tiang beton. Perbandingan menggunakan beberapa parameter pembanding sehingga dapat diketahui tingkat efektif dari masing- masing pola dalam meredam gangguan. Parameter yang digunakan mulai dari fakta lapangan hingga dari segi ekonomi pemasangannya. Simulasi menggunakan aplikasi ATP Draw untuk melihat bentuk gelombang dan pengurangan gangguan dari arus saat melewati Arrester. Simulasi dan perbandingan dari parameter yang digunakan menunjukan keandalan meredam gangguan dari masing-masing pola pemasangan Arrester yang dibandingkan. Indikator keandalan yang digunakan adalah banyaknya trip jaringan dan kinerja Arrester yang dilakukan secara simulasi. Pemasangan satu Arrester pada satu tiang beton lebih efektif dalam meredam gangguan sambaran petir dengan indikasi 9 kali pemadaman untuk pemasangan tiga Arrester pada satu tiang beton dan 1 kali pemadaman untuk pemasangan satu Arrester pada satu tiang beton.

 

Kata kunci : sambaran petir, Arrester, ATP Draw

References


Saengsuwan, T.,& Wichet Tripprasert. 2008. The Lightning Arrester Modeling Using ATP-EMTP. Kasesart J. (Nat. Sci) 42.

Sintianingrum, A., Yul Martin,& Endah Komalasari. 2016. Simulasi Tegangan Lebih Akibat Samabaran Petir Terhadap Penentuan Jarak Maksimum Untuk Perlindungan Peralatan Pada Gardu Induk. Universitas Lampung:Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Vol 10, No. 1, Januari 2016.

Rakholiya, V.R. 2016. Analysis of MOV Surge Arrester Models by using Alternative Transient Program ATP/EMTP. International Journal of Science Technology & Engineering, Volume 3, Issue 02.

Sinaga, M.,& Zulkarnaen Pane. 2014. Analisis Usia Arrester Pada Jaringan Distribusi Terhadap Sambaran Kilat Dengan Menggunakan ATP-EMTP Studi kasus PT. PLN Ranting Medan Johor. Universitas Sumatera Utara:SINGUDA ENSIKOM, Vol. 7, NO. 3 Juni 2014.

Rahayu., & Ansyori. 2014. Analisa Proteksi Petir Pada Gardu Distribusi 20 kV PT. PLN (persero) Rayon Inderalaya. Universitas Sriwijaya:Mikrotiga,Vol. 1, No. 3 November 2014.

SPLN D5.006. 2013. Pedoman Pemilihan Arrester Untuk Jaringan Distribusi 20 kV. Jakarta.PLN.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v15i2.6313

ISSN: 2686-0546