Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Gunungjati 2 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v16i1.7016Abstract
SMP Gunungjati 2 Purwokerto merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang berada di Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Selama ini masih menggunakan sistem pembelajaran secara semi konvensional atau dengan cara biasa, sudah menggunakan alat bantu media pembelajaran tetapi sangat jarang digunakan. Aplikasi yang dibangun ini merupakan sebuah alat bantu dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas terutama pada Matematika. Media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan mudah dan dapat meningkatkan semangat belajar serta motivasi belajar siswa agar prestasi yang diraih menjadi lebih maksimal. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Adobe Flash CS6.References
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.
Juriah. (2014). Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 3 SurakartaTahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Setiawan, H. (2013). Peran Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IS SMA Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Suhardi, Idwan, dkk. (2013). Penguasaan, Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guna Kejayaan Bangsa dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 16(2). 42-55.
Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu.Yogyakarta.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)