Aplikasi Media Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Gunungjati 2 Purwokerto

Authors

  • Lahan Adi Purwanto <p style="text-align: left;" align="center"><em>Teknik Informatika-Universitas Muhammadiyah Purwokerto</em></p>
  • Dimas Reynaldi Yoga Pamungkas <p style="text-align: left;" align="center"><em>Teknik Informatika-Universitas Muhammadiyah Purwokerto</em></p>

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v16i1.7016

Abstract

SMP Gunungjati 2 Purwokerto merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang berada di Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Selama ini masih menggunakan sistem pembelajaran secara semi konvensional atau dengan cara biasa, sudah menggunakan alat bantu media pembelajaran tetapi sangat jarang digunakan. Aplikasi yang dibangun ini merupakan sebuah alat bantu dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas terutama pada Matematika. Media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan mudah dan dapat meningkatkan semangat belajar serta motivasi belajar siswa agar prestasi yang diraih menjadi lebih maksimal. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Adobe Flash CS6.

References

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Juriah. (2014). Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 3 SurakartaTahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Setiawan, H. (2013). Peran Multimedia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IS SMA Al-Islam 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Suhardi, Idwan, dkk. (2013). Penguasaan, Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guna Kejayaan Bangsa dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 16(2). 42-55.

Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu.Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-03-18

Issue

Section

Articles