Meta-Analisis Konsep Penerapan Metode E-Learning pada Universitas Muhammadiyah Se-Jawa Tengah

Denis Pratama Alwan Azzami, Hindayati Mustafidah

Abstract


Mutu pendidikan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah instansi pendidikan untuk dapat survive dalam anomali perubahan zaman. Maka dari itu pemanfaatan teknologi dan informasi sangat menjadi kebutuhan yang harus bersinergi dalam dunia pendidikan. Pengembangan pendidikan menggunakan e-learning merupakan suatu kebutuhan agar standar mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui standarisasi penerapan metode e-learning pada Universitas Muhammadiyah se-Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan berupa metode meta-analisis dimana penelitian dilakukan menggunakan hasil dari penelitian sebelumnya untuk menghasilkan kesimpulan dengan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah media penerapan e-learning yang sesuai standarisasi SCORM yaitu Schoology dan portal e-learning. Hal tersebut menandakan Universitas Muhammadiyah se-Jawa Tengah ternyata belum maksimal dalam penerapan standarisasi konsep e-learning.

Kata-kata kunci: meta-analisis, e-learning, SCORM.

References


Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.

Assidik, G. K. (2018). INTEGRASI SISTEM KELAS MAYA PADA PEMBELAJARAN MKDU BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Prosiding Semnas KBSP V, 422–426.

Budiastuti, R. E., & Nugraheni, Y. (2015). COLLABORATIVE E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH EXTENSIVE READING. The 2nd University Research Coloquium, 1–5.

Faizah, U., Fakhrudin, M., & Bagiya. (2018). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE RETORIKA DAKWAH PENDIDIKAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO. Jurnal Bahtera, 10, 424–433.

Fakultas Kedokteran Gigi UMS. (2019). E-Learning. http://elearning.fkg.ums.ac.id/. http://elearning.fkg.ums.ac.id/

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMUS. (2019). E-Learning IFMIPA UNIMUS. http://ifmipa.unimus.ac.id/. http://ifmipa.unimus.ac.id/

Fathurohman, A., & Al Hamidy, F. (2010). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 319–333.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2019). Standarisasi. Kbbi.Web.Id. https://kbbi.web.id/standardisasi

Kusuma, A. B., & Abida, R. (2019). PEMANFAATAN MOBILE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Sendika, 5, 229–235.

Mackenzie, G. (2004). SCORM 2004 Primer A (Mostly) Painless Introduction to SCORM Version 1.0.

Nasrudin, & Kurniawan, H. (2016). PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING MELALUI LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN. Ekuivalen, 24(2), 28–30.

Rice, W. (2006). Moodle-Learning Course Development, Complete Guide To Successful Learn Using Moodle. Packt Publishing.

Rosenberg, R., & Jeffrey, M. (2001). E-learning : Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. McGraw-Hill Professional.

Sulistyaningsih, D., Purnomo, & Aziz, A. (2019). Development of Learning Design for Mathematics Manipulatives Learning based on E-learning and Character Building. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 197–205.

Suprayitno, I. J., & Rohman, A. (2018). PENERAPAN MODEL RME BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES MAHASISWA. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 9–15.

Universitas Muhammadiyah Magelang. (2019). Elearning System. https://elearning.ummgl.ac.id/. https://elearning.ummgl.ac.id/

Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (2019). Online Learning Class. onclass.ump.ac.id. https://onclass.ump.ac.id/

Universitas Muhammadiyah Purworejo. (2019). E-Learning Center. http://elearning.umpwr.ac.id/. http://elearning.umpwr.ac.id/

Widyanto, R. A. (2015). MOBILE TEST BERBASIS SMS GATE WAY SEBAGAI PELENGKAP E-LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Seri Ke-5, 488–493.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/sainteks.v16i2.7131

ISSN: 2686-0546