ANALISA PEMAHAMAN LITERASI SAINS MAHASISWA YANG MENGAMBIL MATA KULIAH IPA TERPADU MENGGUNAKAN CONTOH SOAL PISA 2009
DOI:
https://doi.org/10.30595/sainteks.v12i1.84Abstract
Menggunakan tema dalam mengangkat Isu sosial adalah sudah menjadi tren di abad 21. Isu sains ini sangatlah bermanfaat membuka wawasan mahasiswa dalam memahami sains dan mengaplikasinya dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam hal literasi sains maka peneliti menggunakan beberapa soal dari PISA 2009. Tema yang kurang dipahami mahasiswa adalah tema ozon, efek rumah kaca, perubahan iklim, lipgloss, resiko kesehatan dan Catalyctic converter. Tema yang mudah dipahami adalah Hujan asam, Keanekaragaman hayati, Air yang layak untuk diminum dan merokok tembakau. Pernyataan sikap terhadap sains yakni pada tema hujan asam, Air yang layak untuk diminum, merokok tembakau, resiko kesehatan dan Catalyctic converter, adalah rata – rata terletak antara sikap sangat setuju dan setuju (antara poin 3 dan 4).Nilai rata – rata tertinggi yang diraih mahasiswa adalah sebesar 67,6, nilai terendahnya 27 dengan nilai rata – rata keseluruhan 47,7. Dari angka ini terlihat bahwa rata – rata yang diraih mahasiswa rendah. Kata Kunci : Literasi sainsReferences
Dewson V (2007) An Exploration of High School (12-17 Year Old) Students’ Understanding of, and Attitudes Toward Biotechnology Processes. Res Sci Educ (2007) 37 : 59-73
Dawson V dan Vanville. G. J (2009). High School Students’ Informal Reasoning and Argumentation about Biotechnology : An indicator of scientific literacy ?, International Journal of Science Education, Vol 31: 1421 – 1445
OECD (2009). PISA 2009 : Assessment Framework – Key Competencies in Reading, Mathematics and Science.
OECD (2009). Take the Test Sample Questions from OECD’s PISA Assessments
Shwartz, Y et al. (2006). “The Importance of Involving High-School Chemistry Teacher in the Process of Defining the Operational Meaning of Chemical Literacy”. International Journal of Science Education. 27.(3).323-344.
Sulistiawati (2013). Tantangan Indonesia di Masa Depan Dalam Bidang Pendidikan Sains ( Evaluasi Literasi Sains Siswa Indonesia Dari Hasil PISA 2000 S/D 2012), Seminar Nasional Pendidikan, Penggung Seni, Bazar Kewirausahaan dan malam gebyar 1000 bintang II, Palembang, 28 Desember 2013
Wu Y and Tsai C (2007). High School Students’ Informal Reasoning on a Socio-scientific Issue : Qualitative and quantitative analyses. International Journal of Science Education, Vol 29 no 9 : 1163 – 1187.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)