ANALISA PEMAHAMAN LITERASI SAINS MAHASISWA YANG MENGAMBIL MATA KULIAH IPA TERPADU MENGGUNAKAN CONTOH SOAL PISA 2009

Authors

  • Sulistiawati Sulistiawati Universitas PGRI Palembang Jl. Jenderal Ahmad Yani Lorong Gotong Royong 9/10, Palembang 30263

DOI:

https://doi.org/10.30595/sainteks.v12i1.84

Abstract

Menggunakan tema dalam mengangkat Isu sosial adalah sudah menjadi tren di abad 21. Isu sains ini sangatlah bermanfaat membuka wawasan mahasiswa dalam memahami sains dan mengaplikasinya dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam hal literasi sains maka peneliti menggunakan beberapa soal dari PISA 2009. Tema yang kurang dipahami mahasiswa adalah tema ozon, efek rumah kaca, perubahan iklim, lipgloss, resiko kesehatan dan Catalyctic converter. Tema yang mudah dipahami adalah Hujan asam, Keanekaragaman hayati, Air yang layak untuk diminum dan merokok tembakau. Pernyataan sikap terhadap sains yakni pada tema hujan asam, Air yang layak untuk diminum, merokok tembakau, resiko kesehatan dan Catalyctic converter, adalah rata – rata terletak antara sikap sangat setuju dan setuju (antara poin 3 dan 4).Nilai rata – rata tertinggi yang diraih mahasiswa adalah sebesar 67,6, nilai terendahnya 27 dengan nilai rata – rata keseluruhan 47,7. Dari angka ini terlihat bahwa rata – rata yang diraih mahasiswa rendah. Kata Kunci : Literasi sains

References

Dewson V (2007) An Exploration of High School (12-17 Year Old) Students’ Understanding of, and Attitudes Toward Biotechnology Processes. Res Sci Educ (2007) 37 : 59-73

Dawson V dan Vanville. G. J (2009). High School Students’ Informal Reasoning and Argumentation about Biotechnology : An indicator of scientific literacy ?, International Journal of Science Education, Vol 31: 1421 – 1445

OECD (2009). PISA 2009 : Assessment Framework – Key Competencies in Reading, Mathematics and Science.

OECD (2009). Take the Test Sample Questions from OECD’s PISA Assessments

Shwartz, Y et al. (2006). “The Importance of Involving High-School Chemistry Teacher in the Process of Defining the Operational Meaning of Chemical Literacy”. International Journal of Science Education. 27.(3).323-344.

Sulistiawati (2013). Tantangan Indonesia di Masa Depan Dalam Bidang Pendidikan Sains ( Evaluasi Literasi Sains Siswa Indonesia Dari Hasil PISA 2000 S/D 2012), Seminar Nasional Pendidikan, Penggung Seni, Bazar Kewirausahaan dan malam gebyar 1000 bintang II, Palembang, 28 Desember 2013

Wu Y and Tsai C (2007). High School Students’ Informal Reasoning on a Socio-scientific Issue : Qualitative and quantitative analyses. International Journal of Science Education, Vol 29 no 9 : 1163 – 1187.

Published

2015-03-03