Pengaruh Beban Lalu Lintas Terhadap Kerusakan Jalan (Studi Kasus : Jalan Ajibarang - Wangon)
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v23i2.11364Abstract
Daerah Ajibarang – Wangon merupakan daerah yang banyak terdapat pabrik dan pertokoan. Jalan Ajibarang – Wangon juga banyak dilalui kendaraan berat. Salah satu penyebab kerusakan jalan adalah adanya beban lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh beban lalu lintas terhadap kerusakan jalan. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data beban lalu lintas dan kerusakan jalan. Metode yang digunakan untuk menghitung beban lalu lintas dan kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga, sedangkan untuk mencari pengaruh beban lalu lintas terhadap kerusakan jalan menggunakan metode analisis regresi. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Ajibarang – Wangon tepanya dari Pemandian Tirta Alam sampai dengan SD N 1 Karang Bawang. Data yang dimasukkan kedalam analisis regresi adalah kendaraan ringan,kendaraan berat dan nilai kerusakan jalan. Untuk sepeda motor diabaikan karena beratnya kurang dari 2 ton. Dari hasil volume lalu lintas didapatkan jam puncak untuk keempat segmen yaitu pada hari minggu pukul 09.00 s.d 10.00 WIB. Sedangakan untuk hasil perhitungan kerusakan jalan termasuk kategori sedikit sekali dengan nilai kerusakan sebesar 0.332% < 5%. Hasil dari analisis regresi didapatkan nilai determinasi untuk model 1 sebesar 0.498 dan model 2 sebesar 0.513, hasil uji f dan uji t untuk kedua model analisis tidak signifikan, sehingga tidak ada pengaruh antara beban lalu lintas dengan nilai kerusakan jalan.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.