Persepsi Pelaksanaan MBKM Prodi Teknik Sipil Tinjauan Mahasiswa, Dosen dan Mitra
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v23i1.12592Abstract
Orientasi perguruan tinggi focus untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing dan mempunyai kompetensi yang baik dibidangnya. Diperlukan link and match antara pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri. Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang dikeluarkan direspon baik oleh Program Studi Teknik Sipil dengan diperolehnya hibah kerjasama kurikulum dan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka. Pelaksanaan MBKM Prodi Teknik Sipil: magang, membangun desa dan kewirausahaan Banyak pihak terlibat: mahasiswa, institusi (dosen) dan mitra. Pelaksanaan MBKM perlu dievaluasi melalui survey persepsi dari masing-masing para pihak agar diperoleh hasil yang dapat digunakan untuk bahan evaluasi pelaksanaan dan berkontribusi pada kebijakan pelaksanaan di Perguruan Tinggi, Fakultas dan Prodi. Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi mahasiswa, dosen, dan mitra terhadap pelaksanaan pembelajaran kampus merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) di prodi teknik sipil ump. Disamping itu memberi rekomendasi kebijakan pada pelaksanaan MBKM. Penilaian persepsi mengacu pada kesiapan kelulusan mahasiswa yang ditinjau dari employability skill. Indikator yang digunakan dalam penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah, kemampuan mengelola diri, kemampuan diri (skill dan kompetensi) dan sosial (networking). Disamping itu dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk menggali lebih dalam pelaksanaan MBKM Prodi Teknik Sipil. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Persepsi mahasiswa, mitra dan dosen pembimbing terhadap pelaksanaan MBKM tidak puas karena ada kesenjangan antara tingkat kepentingan yang tinggi dari employability skill mahasiswa terhadap kinerja yang dihasilkan mahasiswa. Diperlukan tinjauan dan evaluasi pelaksanaan MBKM khususnya semester mahasiswa yang mengikuti MBKM untuk mengatasi persepsi employability skill yang kurang.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.