Analisis Karakteristik Penumpang Bus Trans Banyumas Terhadap Karakteristik Perilaku Perjalanan Pada Koridor I Pasar Pon – Terminal Ajibarang
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v25i2.16292Abstract
Kota Banyumas memiliki BRT Trans-Banyumas sebagai salah satu transportasi massal yang diharapkan menjadi transportasi dengan pelayanan terbaik, nyaman, aman, dan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik penumpang Bus Trans Banyumas mempengaruhi karakteristik perilaku perjalanan pada koridor 1 menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik sosio ekonomi dan demografi penumpang terlihat dari hasil pengolahan data 250 responden yang di survey didapati bahwa dari jenis kelamin perempuan lebih banyak dengan tingkat usia terbanyak di umur 35-50 tahun dengan pendidikan terakhir mayoritas SMA. Terkait maksud perjalanan responden didominasi oleh rekreasi/belanja, untuk profesi didominasi oleh lainnya. Dengan mayoritas pendapatan rata-rata perbulan sebesar 1 jt – 2 jt. Karakteristik perilaku perjalanan dari data yang diperoleh dan diolah untuk moda sebelum beralih menngunakan bus trans banyumas didominasi menggunakan bus/angkot. Kemudian untuk moda perjalanan hubung dan moda transportasi yang digunakan baik dari rumah menuju shelter dan dari shelter menuju ketempat tujuan didominasi oleh jalan kaki. Kemudian untuk jarak perjalanan hubung dari rumah menuju shelter dan dari shelter menuju ketempat tujuan adalah > 400 m. Dengan pemilihan rekan berjalan mayoritas sendiri dengan mayoritas alasan sehat. Tidak semua kondisi demografi sosial ekonomi mempengaruhi karakteristik perilaku perjalanan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.