Analisis Penggunaan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Simpang Bersinyal ( Studi Kasus : Simpang Bersinyal Tlogosari Kota Semarang)
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v24i2.19348Abstract
Ruang henti khusus sepeda motor merupakan suatu teknologi manajemen lalu lintas yang kini sudah diterapkan di Kota Indonesia. Ruang henti khusus sepeda motor diadopsi dari model Advanced Stop Lines (ASLs) yang merupakan suatu fasilitas untuk pengguna sepeda motor di persimpangan bersinyal. Ruang henti khusus sepeda motor sebuah solusi alternatif dalam menekan aktivisme sepeda motor yang tidak beraturan pada mulut persimpangan bersinyal selama fase merah, Tujuan penelitian ini untuk menganalisis desain Ruang henti khusus untuk sepeda motor pada simpang bersinyal Tlogosari jalan Supriyadi Kota Semarang dan mengetahui Panjang antrian. Kendaraan henti, dan Derajat kejenuhannya. Metode yang digunakan untuk menganalisis desain RHK adalah (KEMENPUPR NO 52/SE/M 2015), untuk menganalisis Panjang antrian, Kendaraan berhenti, dan Derajat kejenuhan menggunakan MKJI 1997. Hasil Penelitian, desain Ruang henti khusus Sepeda motor pilihan desain tipe kotak dengan dimensi 12 x 7 m2 dengan rata-rata memadatkan sepeda motor pada simpang pendekat 50%. Untuk analisis perilaku lalu lintas, Panjang antrian dengan hasil paling tinggi pada hari sabtu yaitu 2,1 smp, Kendaraan berhenti dengan hasil paling tinggi pada hari sabtu yaitu 150 smp/jam, dan Derajat kejenuhan dengan hasil paling tinggi pada hari sabtu yaitu 0,437 smp/ selaiDownloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.