ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM UNTUK PERJALANAN WISATA DI KABUPATEN BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v26i1.25666Keywords:
Kata kunci, Moda Transportasi, wisata, Faktor Pemilihan.Abstract
Transportasi memiliki peranan yang sangat signifikan dalam kehidupan sosial masyarakat, transportasi melibatkan proses pemindahan barang dan penumpang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Karakteristik penumpang sangat mempengaruhi wisatawan dalam memilih moda transportasi untuk wisata. Berdasarkan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan moda transportasi untuk perjalanan wisata di kabupaten Banyumas. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah gap analisis dan analisis crosstab. Data yang di analisis berdasarkan karakteristik wisatawan. Penelitian ini menggunakan data wisatawan di Kabupaten Banyumas dan penyebaran kuisioner kepada wisatawan di Lokawisata Baturaden. Berdasarkan hasil pengukuran kesenjangan atau gap analisis karakteristik wisatawan antara faktor pemilihan moda transportasi umum terhadap presepsi karakteristik wisatawan dengan cara kinerja-kepentingan didapatkan hasil gap rata rata (-) negative, maka dapat di simpulkan bahwa wisatawan tidak puas atau tidak memenuhi kepentingan wisatawan terhadap pelayanan transportasi umum untuk perjalanan wisata di Kabupaten Banyumas dimana nilai kepentingan lebih besar daripada nilai kinerja / harapan. Hasil dari uji analisis crosstab untuk mengetahui hubungan antara karakteristik wisatawan terhadap faktor pemilihan moda transportasi umum didapatkan faktor faktor berdasarkan karakteristik wisatawan yang menghasilakn Sig < 0,05 atau berpengaruh dalam pemilihan moda transportasi umum untuk wisata adalah variabel X1 Waktu tempuh, X2 Integrasi Tarif dan Tiket, X3 Integrasi Jadwal, X4 Integrasi fisik, X5 Integrasi Jaringan, X6 Integrasi Informasi X7 Ketersediaan moda Transportasi X8 keselamatan
References
[1] Aisah, N., & Suseno, D. A. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi dalam Kunjungan Wisatawan. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 4(1), 1108–1127. https://doi.org/10.15294/efficient.v4i1.43274
[2] Dewi, N. M. N. P., Dwipayanti, K. V. E. M., Maulana, A., Suyasa, K. D. P., & Mardikawati, B. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi Wisatawan Di Pantai Matahari Terbit Dengan Metode Chi-Kuadrat. Berkala Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, 1(3), 572–581. https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v1i3.598
[3] Diwangkara, N. K., Sari, S. R., & Rukayah, R. S. (2020). Pengembangan Pariwisata Kawasan Baturraden. Jurnal Arsitektur ARCADE, 4(2), 120. https://doi.org/10.31848/arcade.v4i2.431
[4] Haniff, A., & Syafriharti, R. (2017). Hubungan Pemilihan Moda Dengan Karakteristik Sosial Ekonomi Dan Jarak Perjalanan Penglaju Dari Kota Cimahi Ke Kota Bandung Dengan Maksud Bekerja. Jurnal Wilayah Dan Kota, 4(02), 54–67. https://doi.org/10.34010/jwk.v4i02.2094
[5] Hidayati, N., Hasan, E. Al, Idris, Z., & Mulyono, G. S. (2023). Pemilihan Moda Perjalanan Menuju Kawasan Obyek Wisata Menara Kudus Menggunakan Model Logit Biner. Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 5(02), 91–101. https://doi.org/10.47080/josce.v5i02.2687
[6] Nofiana, M. (2018). Pemanfatan Lokawisata Baturraden Dalam Pengembangan Program Penddidikan Berbasis Keunggulan Lokal (Pbkl). BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 33. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1380
[7] Nursetiadi, M. L., & Agustina, R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi Kendaraan Pribadi Dan Bus Karyawan Pekerja Pabrik Kecamatan Cikarang Utara Menuju Tempat Kerja (Studi Kasus: Kecamatan Cikarang Utara Menuju Kawasan Industri Jababeka). Ftsp, 455–465. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/ftsp/article/view/1421%0Ahttps://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/ftsp/article/download/1421/1260
[8] Saefullah, A. (2022). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Toko Online Shop XYZ. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 4(3), 278–285.
[9] Widyatami, F. S. (2022). Potensi dan Permasalahan Reformasi Transportasi Umum Massal di Kota Malang. Jurnal Komposit, 5(2), 65. https://doi.org/10.32832/komposit.v5i2.6280
[10] Witchayaphong, P., Pravinvongvuth, S., Kanitpong, K., Sano, K., & Horpibulsuk, S. (2020). Influential factors affecting travelers’ mode choice behavior on mass transit in Bangkok, Thailand. Sustainability (Switzerland), 12(22), 1–18. https://doi.org/10.3390/su12229522
[11] Yulia, Y. (2019). Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Asosiatif. Repositori STEI, 2007, 45–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Bayu Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.