OPTIMASI ANGKUTAN UMUM PURWOKERTO

Authors

  • Mrs. Juanita

DOI:

https://doi.org/10.30595/techno.v15i1.67

Abstract

Optimasi angkutan umum merupakan hal penting dalam pelayanan terhadap penumpang dan kelangsungan operator itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah armada optimal yang sesuai kebutuhan penumpang dengan tetap mempertimbangkan Biaya Operasi Kendaraan sehingga tetap menguntungkan pihak sopir/pemilik angkot. Hasil penelitian di 6 trayek yaitu D1, D2, B1, B2, G1 dan G2 sebagai berikut : Jumlah penumpang terbanyak berdasarkan survey ada di trayek B2 dengan jumlah 30 penumpang per rit, sedangkan D2 mempunyai jumlah paling sedikit dibandingkan 5 trayek lainnya yaitu 22 penumpang. Load factor pada kondisi break even sebesar 0,873 masih terdapat keuntungan pada setiap trayek. Diperlukan penambahan armada angkot untuk dapat melayani penumpang yang ada dengan masing-masing penambahan 1 angkot untuk trayek D1, B1, dan 3 angkot untuk trayek G1 dan G2 serta B2 sejumlah 4 angkot sedangkan trayek angkot D2 tidak diperlukan penambahan angkot. Kata kunci : Optimasi, Angkutan umum, penumpang, operator

References

Asep Nana Rukmana, 2003, Kajian terhadap tarif angkutan kota (angkot) dengan menggunakan system activirty based costing (ABC) di kota Bandung, Tesis Magister, Transportasi, ITB, Bandung.

Joko Sapto Aji, 2003, Optimasi Jumlah Armada Dengan Memperhatikan Biaya Sosial User Bis Kota Patas AC Damri Bandung, Tesis Magister, Transportasi, ITB, Bandung.

Morlok, Edward K, 1988, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.

Munandar, A.S., 2000 Optimasi Jumlah Armada Angkutan Umum dengan Metode Pertukaran Trayek : Studi kasus di Wilayah DKI-Jakarta, Simposium III Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT), Universitas Gadjah Mada

Nadia Khaira Ardi, 2002, Evaluasi Efisiensi Pertukaran Trayek Bus Besar Di DKI Jakarta, Tesis Magister, Teknik Sipil, ITB, Bandung

Tamin, O.Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB, Bandung,

Tamin, O.Z. Aine Kusumawati, Ari S.Munandar, 1999, Optimasi Jumlah Armada Angkutan Umum dengan Metode Pertukaran Trayek (Studi Kasus DKI Jakarta), ITB, Bandung.

Tamin, O.Z., 1998, Pemodelan Optimasi Jumlah Armada dan Tarif Angkutan Kota di Kotamadya Bandung, Penelitian, ITB, Bandung.

Tamin, O.Z., Rahman H., Aine Kusumawati, Ari S.Munandar, Setiadji B.H., 1999, Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) di DKI Jakarta, Penelitian, Bandung.

Published

2014-04-01