OPTIMASI ANGKUTAN UMUM PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v15i1.67Abstract
Optimasi angkutan umum merupakan hal penting dalam pelayanan terhadap penumpang dan kelangsungan operator itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah armada optimal yang sesuai kebutuhan penumpang dengan tetap mempertimbangkan Biaya Operasi Kendaraan sehingga tetap menguntungkan pihak sopir/pemilik angkot. Hasil penelitian di 6 trayek yaitu D1, D2, B1, B2, G1 dan G2 sebagai berikut : Jumlah penumpang terbanyak berdasarkan survey ada di trayek B2 dengan jumlah 30 penumpang per rit, sedangkan D2 mempunyai jumlah paling sedikit dibandingkan 5 trayek lainnya yaitu 22 penumpang. Load factor pada kondisi break even sebesar 0,873 masih terdapat keuntungan pada setiap trayek. Diperlukan penambahan armada angkot untuk dapat melayani penumpang yang ada dengan masing-masing penambahan 1 angkot untuk trayek D1, B1, dan 3 angkot untuk trayek G1 dan G2 serta B2 sejumlah 4 angkot sedangkan trayek angkot D2 tidak diperlukan penambahan angkot. Kata kunci : Optimasi, Angkutan umum, penumpang, operatorReferences
Asep Nana Rukmana, 2003, Kajian terhadap tarif angkutan kota (angkot) dengan menggunakan system activirty based costing (ABC) di kota Bandung, Tesis Magister, Transportasi, ITB, Bandung.
Joko Sapto Aji, 2003, Optimasi Jumlah Armada Dengan Memperhatikan Biaya Sosial User Bis Kota Patas AC Damri Bandung, Tesis Magister, Transportasi, ITB, Bandung.
Morlok, Edward K, 1988, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.
Munandar, A.S., 2000 Optimasi Jumlah Armada Angkutan Umum dengan Metode Pertukaran Trayek : Studi kasus di Wilayah DKI-Jakarta, Simposium III Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT), Universitas Gadjah Mada
Nadia Khaira Ardi, 2002, Evaluasi Efisiensi Pertukaran Trayek Bus Besar Di DKI Jakarta, Tesis Magister, Teknik Sipil, ITB, Bandung
Tamin, O.Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB, Bandung,
Tamin, O.Z. Aine Kusumawati, Ari S.Munandar, 1999, Optimasi Jumlah Armada Angkutan Umum dengan Metode Pertukaran Trayek (Studi Kasus DKI Jakarta), ITB, Bandung.
Tamin, O.Z., 1998, Pemodelan Optimasi Jumlah Armada dan Tarif Angkutan Kota di Kotamadya Bandung, Penelitian, ITB, Bandung.
Tamin, O.Z., Rahman H., Aine Kusumawati, Ari S.Munandar, Setiadji B.H., 1999, Evaluasi Tarif Angkutan Umum dan Analisis Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) di DKI Jakarta, Penelitian, Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.