ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DUKUHWALUH PURWOKERTO

Authors

  • Sulfah Anjarwati

DOI:

https://doi.org/10.30595/techno.v15i1.69

Abstract

Simpang empat Dukuhwaluh merupakan pertemuan dari empat arah yaitu: lengan sebelah utara adalah Jl. Sunan Bonang, lengan sebelah Timur adalah Jl. Raya UMP, lengan sebelah Selatan adalah Jl. Raya Raden Patah, lengan sebelah Barat adalah Jl. Senopati. Analisis diperhitungkan terhadap data kondisi saat ini untuk melihat kemampuan dan kapasitas jalan supaya tidak terjadi kemacetan lalu lintas dan dapat meningkatkan kapasitas simpang yang ditinjau. Arus jenuh dasar (So) Arus jenuh (S)Perbandingan arus lalu lintas dengan arus jenuh (FR) Waktu siklus sebelum enyesuaian Ca) dan waktu hijau (g) Kapasitas (C) dan Derajat Kejenuhan (DS) Perilaku Lalu Lintas. Dari data analisis diperoleh: Total arus lalu lintas ( Q) adalah 709 smp, Kapasitas kendaraan 665 smp/jam, Derajat kejenuhan sebesar 1,065, Panjang antrian adalah 225 m, Rasio kendaraan terhenti adalah 0,74 stop/smp, dan tundaan 93 detik/smp. persimpangan tersebut masuk dalam Indek Tingkat Pelayanan (ITP) F yang mempunyai kondisi arus lalu lintas berada dalam keadaan dipaksakan, kecepatan relatif rendah, arus lalu lintas sering berhenti sehingga sering terjadi antrian kendaraan yang panjang. Kata kunci : Simpang, Tingkat Pelayanan

References

Hobbs. FD, 1995, Perencanaan Teknik Lalu Lintas, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Khisty Jotin, C, dan Kent Lall, B, 2005, Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi (Jilid 1), Edisi Ketiga (Terjemahan), Erlangga, Jakarta.

Munawar, Ahmad, 2006, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, Beta Offset,Yogyakarta.

Nusantyo, S, 1997, Biaya Transportasi Masyarakat Yogyakarta, Tesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Oglesby. CH dan Hicks. RG, 1998, Teknik Jalan Raya, Erlangga, Jakarta.

Published

2014-04-01