Pengaruh Penggunaan Filler Pasir Besi Dan Semen Dalam Campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC)
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v21i1.7230Abstract
Lapis aspal beton (laston) merupakan suatu lapisan perkerasan jalan yang terdiri dari campuran aspal dan agregat yang mempunyai gradasi menerus dicampur, dihampar dan dipadatkan pada suhu tertentu. Campuran aphalt concrete wearing course (AC-WC) adalah salah satu jenis laston yang berfungsi sebagai lapisan aus dan menahan tegangan akibat beban lalu lintas. Campuran AC-WC yang berada pada lapisan atas dari laston harus kedap air, awet, permukaanya rata dan mampu memberikan gesekan yang baik dengan roda kendaraan. Disisi lain, perubahan iklim dan beban lalu lintas kendaraan yang semakin tinggi akan berdampak terhadap kinerja campuran AC-WC. Penggunaan alternatif bahan pengisi (filler) dalam laston berperan penting untuk meningkatkan kinerja campuran AC-WC. Pasir besi dan semen memiliki tekstur yang kasar dan keras dibandingkan dengan abu batu diharapkan mampu meningkatkan kinerja campuran AC-WC. Oleh karena itu dalam peneltian ini semen dan pasir besi akan digunakan sebagai alternatif filler campuran AC-WC. Pengujian marshall test dilakukan untuk melihat performa campuran AC-WC dengan kombinasi filler 100% semen, 50% semen+50% pasir besi, dan 100% pasir besi dalam keadaan kering dan terendam air. Hasil pengujian menunjukan bahwa pasir besi dapat digunakan sebagai filler dalam campuran AC-WC. Stabilitas tertinggi diperoleh dalam campuran AC-WC dengan filler semen dan stabilitas terendah dari filler 50% pasir besi+50% semen.
Keyword: Filler, Semen, Pasir Besi, Pengujian Marshall, AC-WC
References
[1] A.H. Wenan, “Pengaruh Jenis Filler pada SWIfat Campuran Hot Rolled Asphalt, Tesis magister, STJR-ITB, Bandung, 1994.
[2] A.T. Mulyono, “Pengaruh Jenis dan Kadar Filler terhadap Stablitas, Fleksibilitas dan Tingkat Durabilitas HRS (Hot Rolled Sheet) Kelas B,” Media Teknik, No.3, Edisi November, UGM, Yogyakarta, 1996.
[3] M. Deddy, “Evaluasi Kinerja Campuran Hot Rolled Asphalt (HRA) dengan menggunakan Filler Abu Sisa Penggergajian Kayu,” Master Thesis, Universitas Diponegoro, 2003.
[4] O. Sihotang dan S. Sinuhaji,”Penggunaan Abu Vulkanik Sinabung Terhadap Stabilitas Campuran Aspal Beton (Hot Mix),” Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil, Vo. 1 No.2, ISSN 2614-5707, Agustus 2018.
[5] L. Sentosa, “Kinerja Laboratorium Hot Rolled Asphalt dengan Abu Sawit sebagai Filler,” Tesis Magister, STJR-ITB, Bandung, 2001.
[6] Yasruddin, “Kinerja Laboratorium pada Hot Rolled Asphalt dengan kandungan batu bata yang dihaluskan sebagai filler,“ Tesis Magister, STJR-ITB, Bandung, 2000.
[7] Anonim, ”Spesifikasi Umum Campuran Aspal Panas, Bina Marga, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.