Kajian Manajemen Lalu Lintas di Kawasan Pasar Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30595/techno.v23i1.8533Abstract
Kota Bogor menjadi kota dengan jumlah kemacetan tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Barat setelah Bandung dan Tasikmalaya. Banyaknya aktivitas warga Bogor di sekitar kawasan pasar mengakibatkan kawasan Pasar Bogor mengalami kemacetan seperti hambatan samping badan jalan, parkir dan bongkar muat, banyaknya PKL yang menjajakan dagangannya di badan jalan dan pejalan kaki menyebabkan kapasitas jalan di kawasan Pasar Bogor berkurang dan banyak terjadi tundaan kendaraan, pada ruas Jalan Suryakencana dan Jalan Roda terdapat kawasan pertokoan dan lapak pedagang dengan lokasi parkir yang berada di jalan (on street). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk mengukur kinerja ruas jalan, kinerja simpang dan analisis parkir. Selanjutnya, menghitung kapasitas jalan berdasarkan perhitungan kinerja setelah penanganan dengan kondisi sama seperti eksisting. Dengan dilakukan manajemen lalu lintas, diperoleh peningkatan kapasitas jalan pada ruas Jalan Suryakencana dana Jalan Roda. Kondisi eksisting kapasitas pada Ruas Jalan Suryakencana adalah 1841 smp/jam dan Ruas Jalan Roda adalah 1841,79 smp/jam. Manajemen lalu lintas yang diterapkan pada kedua ruas tersebut adalah manajemen kapasitas dengan penanganan perubahan sudut parkir dari 60ï¹¾ menjadi 0ï¹¾, maka lajur efektif jalan menjadi 3,5 meter dengan kapasitas jalan meningkat menjadi 3135 smp/jam dan 2117 smp/jam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.